Kapolda Sulbar Tetapkan 181 Casis Bintara 2018

Mamuju, Sulbar (Binpers.com).- Sebanyak 181 calon siswa (Casis) Bintara Polri terdiri dari 161 Casis pria dan 20 Casis wanita dinyatakan lulus dan akan mengikuti pendidikan calon Bintara Polri di SPN Batua Makassar.

Penetapan dan peresmian kelulusan seleksi calon Bintara Polri Tahun Anggaran 2018 dilakukan langsung oleh Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Baharuddin Djafat dan didampingi Karo  SDM, Kombes Pol. Dra.Dien Irhastini bertempat di AulaKantor Gubernur Sulbar, pada hari Jumat (3/8/2018).

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol.Baharuddin Djafar mengatakan, sidang penetapan calon siswa Bintara Polri ini sebagai bentuk wujud sistem transparansi dan tidak ada lagi main-main sembunyi dalam seleksi penerimaan calon siswa Bintradan, kita harus memperlihatkan sistem transparansi kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada peserta calon siswa Bintara Polri yang dinyatakan lulus dan kepada peserta yang terpilih belum hendaknya tidak patah semangat, terus belajar dan belajar karena kesempatan masih terbuka dimasa mendatang.

Sementara Karo SDM Polda Sulbar, Kombes Pol.Dra. Dien Irhastini menyampaikan, proses seleksi Casis Bintara Polri hingga pengumunan, dilakukan secara transparansi oleh paitia seleksi. Hal ini dimaksudkan akan mampu mereduksipraktek-praktek percaloan maupun praktek tidak terpuji lainnya.

“ Penerimaan Casis Bintara 2018, menganut perinsip  BETAH, yakni Bersih, Transparas Akuntabel dan Humonis guna mewujudkan penerimaan anggota Polri yang tetap Clear and Clear”, ungkap Dien Irhastini.

Dikatakan, transparan proses seleksi hasilnya cukup bagus guna menghindari praktek percaloan yang dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab, apalagi telah dibuktikan, adanya salah seorang peserta Casis Bintara terpaksa digugurkan karena telah terbukti menyalahi ketentuan dan aturan seleksi Casis Bintara dan menggunakan jasa salah seorang oknum anggota Polri dan oknum anggota Polri kita proses, bahkan akan dikenakan sanksi menuju pemecatan jika terbukti bersalah, tegas karo SDM.

Dari 181 Casis ditetapkan dan dinyatakan lulus itu mengikuti pendidikan di SPN Batua Makassar, tambah Kombes Dien Irhastini dan ada 5 Casis sebelumnya dinyatakan tidak lulus dan penilaiannya sesuai dengan hasil rangking.

Kelimanya dinyatakan tidak lulus adalah kelimanya Casis Polwan karena keterbatasan Kuota untuk Polisi Wanita (Polwan). Hanya saja tidak disebutkan nama – nama kelima Casis polwan itu yang tidak lulus karena kuota telah terpenuhi. (Andira Mordani)

Penulis dan editor di media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment