Pemilihan BPD Ds. Cikuya Cicalengka Tuai Polemik

Bandung-binpers.com, Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Cikuya kecamatan Cicalengka kabupaten Bandung menuai Polemik.

Masing masing pihak ada yang pro dan kontra menanggapi Perbub maupun Perda.Terkait Perda nomor 7 tahun 2014 dan Perbub nomor 51 tahun 2017 dan Pemendagri nomor 110 tahun 2016 , tentang BPD.

Karena pemilihan berdasarkan pemilihan langsung dimana warga yang memilih hanya dari beberapa perwakilan masyarakat bukan musyawarah desa sehingga panitia dinilai tidak sportivitas terhadap pelaksanaan pemilihan BPD.

Panitia juga diduga tidak melaksanakan perbub secara utuh dan hanya melakukan penilaian sepihak juga karena tidak sesuai dengan peraturan daerah yang mengutamakan asas musyawarah dan mufakat.

Salah satu contoh adalah saat di lakukan penjaringan di wilayah Rw dan Desa tersebut,  antara keterwakilan wilayah dan perempuan yang seharusnya dipisah di buat menjadi satu hingga tidak sesuai dengan tata cara  acuan Permendagri nomor 110 tahun 2016 .

“ Sebaiknya pemilihan tidak di tunjuk langsung oleh kepala desa, namun dilakukan  musyawarah terlebih dahulu di tingkat RW, Sesuai yang tertuang pada ayat 3 pasal 9 Bab III dalam Permendagri,” ucap salah seorang tokoh masyarakat yang enggan disebut namanya kepada wartawan media binpers.com.

Dirinya pun berpendapat bahwa  dalam  hal ini panitia harus berpedoman dengan aturan yang sama, yang telah di tentukan pemerintah dan tidak serta merta keberpihakan kepada calon ataupun kepentingan yang lain. Tetapi kenyatanya panitia tetap ngotot memakai aturan sendiri.

Hingga berita ini diterbitkan, masih belum ditemukan titik temu dalam permasalahan ini, tim Investigasi masih terus melakukan penggalian informasi atas kebenaran hal diatas. (Nanai)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment