BINPERS

Berita Investigasi Nasional

KPU Polman Deadline Pendaftaran Bacaleg 2018

Polman-binpers.com,  Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Polewali Mandar provinsi Sulawesi Barat memberi batas waktu  terhadap pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) hingga Selasa tanggal (17/7/2018), sejak dibukanya hari Rabu tanggal (4/7/2018) lalu atau hanya 14 hari. 

Ketua KPU Polewali Mandar, M.Danial Anwar mengharapkan, dengan waktu yang diberikan para partai politik peserta pemilu 2019 untuk mendaftarkan kadernya sebagai calon anggota legislatif untuk maju sebagai kontestan pemilu 2019 agar segera menyampaikan berkasnya sehingga tidak mempengaruhi diferevikasi faktual secara adminitrasi di KPU. 

Menurut Danial Anwar, pemilu legislatif tahun 2019, di Kabupaten Polewali Mandar terbagi lima daerah pemilihan (Dapil) tersebar di 144 desa dan 23 kelurahan di 16 kecamatan dalam Kabupaten Polewali Mandar.

Ke lima Dapil itu, dengan kuota 45 kursi adalah Dapil 1 meliputi kecamatan Polewali dan Binuang dengan kuota 10 kursi, Dapil II, meliputi kecamatan Balanipa, Limboro, Tinambung dan Alu dengan kuota 8 kursi, Dapil III meliputi kecamatan Wonomulyo, Mapilli dan Bulo dengan kuota 9 kursi, Dapil IV meliputi kecamatan Campalagian, Luyo dan Tubbi Taramanu (Tutar) dengan kuota 11 kursi dan Dapil V meliputi kecamatan Anreapi, Matakali, Tapango dan Matangnga dengan kuota 7 kursi.

Berdasarkan kuota kursi dimasing-masing daerah pemilihan (Dapil), dan kuota kursi 45 anggota DPRD Polewali Mandar pemilu 2019, jumlah bacaleg kader parpol peserta pemilu 2019 itu mencapai 700 orang darib 14 partai peserta pemilu 2019 mendatang yang bertarung memperebutkan 45 kuota kursi di parlemen.

Sekarang para Bacaleg dari kader partai peserta pemilu 2019, umumnya masih menyelesaikan kelengkapan berkas sebagai tahapan pileg, diantaranya pemeriksanaan kesehatan dan SKCK dari Kepolisian Republik Indonesia maupun kelengkapan adminitrasi lainnya yang dipersyaratkan UU Pemilu. 

Sejumlah Bacaleg 2019 menyampaikan tentang keluhannya kepada pihak wartawan, bahwa proses kelengkapan adminitrasi sebagai syarat Bacaleg pemilu 2019 sedikit mengalami keterlambatan utamanya SKCK karena pimpinan tertinggi di Polres Polewali Mandar sedang tidak ada di tempat .

Selain itu, hambatan lain seperti proses admintrasi kelengkapan berkas, mencocokkan identitasnya berupa KK dan KTP melalui Dinas Capil dengan Ijazah yang  dimiliki serta  pengulangan pemeriksaan kesehatan seperti khusunya test kejiwaan yang jumlah nilai nya belum terpenuhi dilakukan ulang oleh dokter Rahman Yunus kader PKB Polman, Amin Saeri,  Bacaleg PPP, Dapil 1 Polewali dan Binuang, hingga informasinya masih terdengar simpang siur. (Andira Mordani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *