BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Kapolres Pati Pimpin Apel Kaposkamling

Pati-BN, Kepala Kepolisian Resor Pati AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, SIK; M.Si memimpin Apel Kaposkamling bertempat di halaman Mapolres setempat pada Rabu pagi (25/7/2018).

Kegiatan yang mengambil tema ‘Dengan Apel Kaposkamling Kita Tingkatkan Sinergitas Polri dan Masyarakat Untuk Menciptakan Situasi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif’ itu dihadiri Dandim 0718/Pati Letkol Arief Darmawan, S. Sos juga para pejabat utama Polres Pati, para kapolsek dan tamu undangan lainnya. Sedangkan peserta apel terdiri Pasukan Binmas 1 peleton, Pasukan Kaposkamling 3 peleton, Pasukan Linmas dan Pasukan Senkom Mitra Polri masing – masing 1 peleton.

Dalam amanatnya Kapolres Pati mengatakan kegiatan itu mempunyai makna strategis karena mengandung esensi tekad dan kepedulian kita sebagai komponen bangsa untuk bersama – sama memerangi berbagai gangguan kamtibmas seperti tindakan kriminalitas yang sifatnya konvensional dan aksi – aksi teror sebagai akibat dari tumbuhkembangnya kelompok – kelompok berpaham radikal serta gangguan lainnya di sekitar kita sebagai upaya terciptanya kamtibmas di wilayah Kabupaten Pati.

Lebih lanjut disampaikan kapolres bahwa Apel Kaposkamling itu menjadi momentum untuk menguatkan kembali komitmen dan sinergitas antar segenap komponen baik Polri, TNI dan unsur pemerintah daerah serta masyarakat dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang dapat mendukung terselenggaranya pembangunan di wilayah Kabupaten Pati dan terwujudnya kehidupan sosial masyarakat yang adem, ayem dan tentrem.

Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, SIK; M.Si juga menyebut bahwa Apel Kaposkamling yang diselenggarakan itu selaras dengan kebijakan Bupati Pati yang ditetapkan dengan Surat Edaran Bupati Nomor SE.300 / 2297 tentang Peningkatan Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan Dini dalam Mengantisipasi Gangguan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, yang salah satunya adalah dengan mengoptimalkan peran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Bangsa ( FBB ) dan organisasi kemasyarakatan ( ormas ) lainnya yang peduli terwujudnya sitkamtibmas.

Menjawab pertanyaan wartawan usai kegiatan apel, kapolres akan komitmen dan konsisten untuk mengantisipasi munculnya gangguan kamtibmas termasuk paham radikalisme dan hoax. ” Segala bentuk yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Pati akan selalu diantisipasi termasuk paham – paham radikalisme dan penyebaran hoax,” jelas AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, SIK; M.Si.

Kapolres wanita pertama di Polres Pati itu juga menyebut kegiatan itu sebagai upaya menekan meningkatnya tindak kriminalitas termasuk kesiapan pengamanan menjelang Pemilu 2019 mendatang. ( Indro BN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *