Kapolda Maluku Utara Optimis Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Polri Meningkat

Ternate-binpers.com, dalam peringatan HUT Bhayangkara yang ke -72, Polda Maluku Utara beserta jajarannya menggelar Upacara di halaman Mapolda Maluku Utara, Rabu, (11/07/2018).

Upacara HUT Bhayangkara ini dipimpin langsung oleh Gubernur Maluku Utara KH, Abdul Ghani Kasuba Lc. Sebagai Pimpinan upacara, yang kemudian berlanjut dengan sambutan Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol, Drs, M. Naufal Yahya M.sc, Eng. Acara yang mengusung tema “Dengan semangat Promoter Polri siap mengamankan agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019” itu, hadir sebagai tamu undangan diantaranya, Ketua DPRD Maluku Utara, Kajati, Danrem, Kakanwil Maluku Utara, hadir juga Walikota Ternate, Kapolres Kota Ternate, beserta unsur Forkopimda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Maluku Utara membacakan amanat Presiden RI yang berisikan Apresiasi kepada anggota Polri yang selalu hadir menjaga keamanan dan ketertiban selama Hari Raya Idul Fitri dan Pilkada serentak Tahun 2018.

Hal yang sama pula disampaikan Kapolda Maluku Utara dalam sambutannya juga membacakan amanat Kapolri yang berisikan bentuk terimakasih kepada seluruh jajaran Polri yang telah melakukan tugas dan tanggug jawab nya dengan baik sehingga kembali mendapatkan kepercayaan masyarakat termasuk menjadi lembaga yang di percaya Publik.

“Selama dua tahun implementasi program Promoter telah menunjukan hasil yang baik, publik trust terhadap institusi Polri terus meningkat, Polri yang pada tahun 2016 termasuk dalam Tiga institusi paling tidak dipercaya Publik kini berdasarkan hasil survei yang di selenggarakan oleh berbagai lembaga telah berada pada Tiga besar lembaga dengan kepercayaan publik terbaik,” Ungkap Kapolda.

Beliau juga menambahkan bahwa survei kepuasan publik yang dilakukan berbagai lembaga terhitung semenjak tahun 2016 sampai tahun 2018 terus meningkat sehingga ini menjadi rekor terbaru Polri

“Pada survei yang dilaksanakan Litbang Kompas pada akhir Juni 2016 menunjukan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap Polri hanya 63,2%, setelah satu tahun pelaksanaan program Promoter, survei yang dilakukan Papuli media pada Agustus 2017 menunjukan adanya perbaikan kinerja Polri dimana 67,2 responden puas dengan kinerja Polri, selanjutnya survei dari Litbang Kompas pada Otober 2017 menempatkan Polri sebagai lembaga yang terpercaya ranking ketiga teratas dengan kepuasan mencapai 70,2%. Demikian pula survei yang dilakukan Alvara riset center pada mei 2018 juga menunjukan adanya perbaikan kepercayaan publik dimana Polri menjadi satu dari dua lembaga yang memiliki tren kenaikan tingkat kepuasan publik dalam periode tersebut, tingkat kepercayan publik menurut riset ini mencapai 78,8%. Dan yang terakhir survei Litbang Kompas pada Juni 2018 menunjukan kepercayaan publik terhadap polri mencapai 82,9%, hasil ini mengindikasikan bahwa 82,9% warga negara Indonesia percaya kepada Polri, tertinggi semenjak era reformasi,” tutup Kapolda.

Setelah selesai dalam pidato sambutannya, Kapolda bersama Wakapolda Maluku Utara ,Kombes Pol, Drs, Lukas Arry Dwiko Utomo, secara simbolis melakukan pemotongan Tumpeng sekaligus menyerahkan piagam perhargaan kepada anggota Polisi teladan dan juara lomba dalam rangka HUT Bhayangkara ke – 72.(M. Saifullah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *