Udin Sihaloho : Pemko Batam Berkewajiban Menyediakan Guru Agama Kristen Disekolah Negeri

Batam-binpers.com, Memasuki tahun ajaran baru nampaknya Pemerintah Kota Batam masih harus berbenah, termasuk beberapa Sekolah Negeri yang tidak memiliki guru agama kristen.

Hal tersebut dinyatakan oleh Udin P Sihaloho.SH komisi IV DPRD Kota Batam yang membidangi pendidikan saat dikonfirmasi ke kantor, dirinya mengakui bahwa memang benar dan masalah ini sudah berlangsung cukup lama.

Sebenarnya Udin yang kerap mewakili DPRD Kota Batam sudah sering mengusulkan bagaimana agar sekolah Negeri dapat memiliki guru agama kristen tetap sesuai Perda 04 No 2010 tentang penyelenggaraan pendidikan di Kota Batam.

Bab V yang memuat tentang peserta didik bagian hak peserta didik pasal 10 point mengatakan setiap peserta didik berhak untuk (a) mendapatkan pendidikan agama sesuai agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang sesuai kualifikasi dan kompetensinya.

Udin menambahkan bahwa kendala yang sering dikeluhkan oleh pihak sekolah adalah gaji (honor) daripada tenaga guru tersebut dan honor ini bukan dari Pemerintah Kota Batam namun dari Komite Sekolah.

Kondisi tersebut di perparah ketika dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) terlambat, maka tenaga honor ini kadang tidak mendapatkan haknya.

“Sedangkan sudah memberikan pendidikan agama (rohani) saja siswa belum tentu berakhlak alias sulit untuk membimbingnya apalagi jika tidak,”pungkasnya kepada wartawan binpers.com. (rs)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment