Kapolres Dan Dandim Pantau Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Mimika

TIMIKA-BN, Selaku penanggung jawab kamtibmas di Kabupaten Mimika, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Mimika, AKBP Agung Marlianto, SIK MH didampingi Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Windarto, S.Sos, Rabu (27/6) kemarin memantau secara langsung pelaksanaan proses pencoblosan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Timika salah satunya di TKP 02 Kampung Landu Mekar, Distrik Kwamki Narama.

Kapolres Mimika yang ditemui wartawan kemarin mengatakan untuk TPS 02 Kampung Landu Mekar terdapat sedikit kendala, dimana ada dua oknum warga yang dalam kondisi mabuk akibat pengaruh Minuman Keras (Miras), mencoba untuk menguasi kotak suara yang ada di TKP tersebut sesaat sebelum adanya proses pencoblosan.

Akan tetapi selang beberapa menit kemudian kedua oknum warga mabuk tersebut bisa langsung diamankan oleh aparat kepolisian yang tiba di lokasi tersebut, dan selanjutnya proses pencoblosan bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Untuk TKP nomor dua di Kwamki Narama ini agak sedikit istimewa, karena sebelumnya sudah ada bimbingan teknis dari masing-masing KPPS untuk menyiapkan TPS di lokasi yang sudah ditentukan. Namun baru tadi pagi kita bantu KPPS, PPD untuk membangun TPS dan melaksanakan pencoblosan. Ada beberapa oknum warga yang mabuk dan berusaha menguasai kotak suara tersebut lalu kita datang dan ambil kembali, dan selanjutnya kita persilahkan KPPS bekerja,”jelas Kapolres.

Kemudian ketika ditanyai terkait berdasarkan hasil pantauan dari TNI dan Polri apakah ada ditemukan sistem pencoblosan menggunakan sistem noken? Kapolres dengan tegas menjelaskan bahwa proses Pilkada Tahun 2018 di Kabupaten Mimika tidak mengenal sistem noken.

“Jadi di Mimika ini tidak ada yang namanya sistem noken, seluruhnya menggunakan sistem satu orang untuk satu kertas suara,”jelas Kapolres.

Sementara itu Dandim 1710/Mimika, juga dalam kesempatan yang sama mengatakan untuk pelaksanaan Pilkada di Mimika khususnya di Distrik Tembagapura berjalan aman dan lancar.

“Tembagapura saat ini aman, logistic sudah diantarkan sejak dua hari sebelum Pilkada. Jadi Tembagapura, Banti, Opitawak, Arwanop sudah berjalan semua. Untuk personel sendiri ada sepuluh personel dari Kodim di Tembagapura, kemudian empat orang di Arwanop, lalu empat orang di Tsinga, empat orang lagi di Opitawak. Lalu ditambah lagi dengan Satgas PAM Rawan,”urai Letkol Windarto.

Sementara itu dari pantauan wartawan  di Distrik Kwamki Narama bukan hanya Kapolres dan Dandim yang ikut memantu langsung proses pencoblosan di lokasi tersebut, melainkan terlihat juga Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, SIP, Dir Binmas Polda Papua, Kombes Pol H Andi Heru Santo,SH,MK,MH, Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang, Danyon Brimob Polda DIY, AKBP Akbar.SMMS

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment