Polres Mimika Musnahkan Ratusan Liter Sopi dan Belasan Gram Sabu-Sabu

TIMIKA-BN, Sat Resnarkoba Polres Mimika, Senin (2/7) kemarin melakukan pemusnahan terhadap ratusan liter Minuman Keras Lokal (Milo) jenis sopi yang merupakan barang bukti hasil penangkapan yang dilakukan beberapa bulan terakhir.

Selain melakukan pemusnahan terhadap ratusan liter milo, polisi juga melakukan pemusnahan terhadap belasan gram Narkotika golongan satu jenis sabu-sabu milik ketiga tersangka masing-masing berinisial Ru, Ju alias Ac dan Da alias PD yang diamankan pada Senin (28/5) lalu.

Acara pemusnahan yang berlangsung di halaman kantor Pelayanan Polres Mimika ini dipimpin oleh Wakapolres Mimika, Kompol Arnolis Korowa, SH MH dan dihadiri oleh perwakilan dari Kejaksanaan Negeri (Kejari) Mimika, Kasat Resnarkoba Polres Mimika, Iptu Laurentius Kordiali dan Kaur Bin Ops (KBO) Sat Reskrim Polres Mimika, Iptu Rannu serta disaksikan oleh para tersangka pemilik barang-barang haram tersebut.

Wakapolres Mimika dalam kesempatan tersebut mengatakan pemusnahan barang bukti milo dan sabu-sabu tersebut merupakan salah satu bentuk upaya kepolisian, untuk melakukan pemberantasan terhadap peredaran milo dan sabu-sabu di Kabupaten Mimika.

“Hari ini kita musnahkan lagi hasil kerja Polres Mimika, berupa Narkoba jenis sabu-sabu dan miras yang waktunya beberapa bulan belakangan ini. Yang mana miras sekitar lima ratus liter lebih dan sabu-sabu,”tuturnya.

Selanjutnya Kompol Korowa menguraikan untuk barang bukti Narkotika jenis sabu-sabu sendiri antara lain 14,34 gram, yang mana 0,33 gram untuk keperluan uji labfor, kemudian 0,31 gram untuk pembuktian di persidangan nantinya di Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika, dan yang dilakukan pemusnahan sebanyak 13,70 gram.

Kemudian barang bukti Narkotika jenis sabu-sabu seberat 8, 36 gram dimana 0,36 gram untuk keperluan uji labfor, lalu 0,31 gram untuk pembuktian dalam sidang di PN Kota Timika dan 8,19 gram untuk dimusnahkan.

“Kita berharap apa yang kita lakukan ini (Pemusnahan barang bukti red), menjadi bukti bahwa kita tidak ada toleransi dengan yang namanya milo dan narkoba. Sehingga para pelaku menyadari perbuatannya dan tidak lagi mengulangi, tapi konsenkuensi untuk tetap mempertanggung jawabkan perbuatannya di mata hukum,”jelas Wakapolres.

Selanjutnya untuk pemusnahan barang bukti Narkotika golongan satu jenis sabu-sabu sendiri dimusnahkan dengan cara dituangkan kedalam air panas, kemudian diaduk dan dibuang ke halaman kantor Pelayanan Polres Mimika.

Sementara barang bukti berupa ratusan liter milo jenis sopi dimusnahkan dengan cara, ditumpahkan kedalam parit yang ada di halaman kantor Pelayanan Polres Mimika. (SMMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *