BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Indramayu Layak Di Bangun Embarkasi Haji

Indramayu-BN, Kabupaten Indramayu telahlayak di bangun Embarkasi Haji untuk proses penyelenggaraan Haji di Indonesia, hal tersebut di tegaskan Direktur Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umroh ( PHU ) Kementerian Agama RI, DR Nizar,MA ketika berkunjung ke Kabupaten Indramayu untuk melihat Langsung tanah yang akan di bangun Embargasi Haji, Senin (28/5/2018).

Prof DR Nizar MA menjelaskan, berpotensinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bisa di jadikan tempat pemberangkatan Haji, Namun demikian pemberangkatan Haji dari Bandara tersebut belum bisa di lakukan selagi belum ada Embarkasi Haji terdekat dari Bandara tersebut.

Untuk itu Kementerian Agama berencana membangun embarkasi Haji baru untuk mendekatkan dengan BIJB dan mengurangi kepadatan penerbangan di Bandara sukarno Hata.

Peninjauan lokasi tersebut merupakan tindak lanjut atas usulan dari Bupati Indramayu, Hj Ana Sopanah yang telah melakukan Ekpos usulan pembangunan Embarkasi Haji di Kabupaten Indramayu, pada tanggal 14 Mei 2018 lalu.

“Setelah adanya usulan Dari Pemkab Indramayu dan telah adanya Ekpos dari Wakil Bupati indramayu H Supendi, Sekarang di tinjau langsung ke lapangan untuk memastikan keberadaan lokasi yang di maksud,” tegas Nizar.

Nizar menambahkan, selama ini jema’ah Haji dari Jawa Barat menggunakan Embarkasi Haji Bekasi. Tempat tersebut terlalu jauh dengan cakupan Kabupaten/kota dari Jawa Barat bagian timur dengan pesisir utara Jawa Tengah seperti Brebes,Tegal, Pekalongan, Banyumas, dan Cilacap bisa menggunakan Embarkasi ini.

“Kabupaten Indramayu sudah cukup siap karena telah memiliki tanah milik Pemkab Indramayu seluas 7 hektar, kita tinggal tambah kekurangannya 3 hektar lagi sesuai yang di butuhkan, kita akan bangun setara denganhotel bintang 3 dan ini bukan hanya untuk Embarkasi Haji tapi juga di gunakan untuk kegiatan diklat dan kegiatan lainya” ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu H. Supendi yang mewakili Bupati Indramayu mengatakan, waktu ekpose pertama tanggal 14 Mei 2018 pihaknya mengusulkan 3 tempat untuk di jadikan lokasi Embarkasi Haji yakni Desa Gadel, Desa Karticala, dan Desa Sukamulya kecamatan Bango dua Kab. Indramayu.

Namun demikian, berdasarkan usulan dari Kemenag, tempat tidak jauh dari pusat kota dan harus bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainya selain untuk Haji.

“Kita usulkan lokasi di belakang kampus Polindra, yang ada di Kecamatan Lohbener, di situ Pemda Indramayu memiliki  7 hektar dan kita siap adakan kekurangan tanahnya, lokasi tersebut jalan lama dan jalan Baru lingkar Lohbener, apalagi di areal tersebut juga akan di bangun rumah sakit swasta,”ungkap Wabub.

Sebelum meninjau lokasi Embarkasi Haji, kedatangan Dirjen PHU tersebut di sambut Bupati Indramayu Hj Ana Sopanah di Pendopo Raden Bagus Wiralodra Kabupaten Indramayu dan  Dirjen Meninjau langsung pembangunan Islamic Center Indramayu. (Kodarisman WRC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *