BINPERS

Berita Investigasi Nasional

CV. Santolo Tuntut 2 Desa Di Garut Atas Keberadaan Pasar Caringin

Garut-BN, Keberadaan Pasar Caringin yang lokasinya berada di wilayah dua Desa Kec. Selaawi Kab. Garut yaitu Desa Samida dan Desa Pelita Asih kini menuai sengketa.

Hal tersebut dikarenakan CV. Santolo sebagai pihak pengembang dan mitra dalam pembangunan serta pengelolaan pasar tersebut menuntut atas haknya yang diduga telah dikebiri oleh 2 Desa tersebut.

Menurut salah seorang anggota tim Kuasa Hukum CV. Santolo, M. Rofik, SH., kedua Desa tersebut telah melanggar kesepakatan yang telah ditandatangani bersama di tahun 2006 yang menyebutkan bahwa CV. Santolo sebagai pihak yang membangun serta membiayai semua proyek pasar Caringin tersebut diberikan hak untuk mengelola pasar tersebut selama 20 tahun setelah selesai pembangunannya.

Namun dalam pelaksanaannya, ternyata baik Desa Samida ataupun Desa Pelita Asih diduga memonopoli semua pengelolaannya tanpa melibatkan pihak CV. Santolo termasuk hasil pendapatan yang didapat dari pasar tersebut.

Santolo akhirnya melakukan gugatan terhadap Desa Samida dan Desa Pelita Asih karena telah melanggar perjanjian yang telah disepakati bersama.

“ Kami menyanggupi membangun pasar Caringin karena adanya perjanjian bahwa CV. Santolo akan diberikan wewenang untuk mengelolanya, ternyata dana yang telah kami keluarkan sebanyak Rp 680 juta menjadi sia-sia akibat kedua Desa tersebut melanggar nota kesepakatannya,” ucap Undang Komarudin, Staff CV. Santolo kepada wartawan media binpers.com, Kamis (7/6/2018).

M. Rofik, SH kembali menambahkan, dalam permasalahan ini pihak Kuasa Hukum masih menunggu itikad baik dari kedua Desa tersebut, namun jika masih mengabaikannya, maka pihaknya akan menuntut dengan UU pasal 372 dan 378 KUHAP tentang penggelapan dan penipuan.

Hingga berita ini di terbitkan, tim Investigasi media binpers.com, masih terus melakukan penggalian informasi atas kebenaran permasalahan tersebut. (Ida Farida)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *