BINPERS.COM

Berita Investigasi Nasional

Desa Nagrog Wakili Kabupaten Bandung Di Tingkat Provinsi Jawa Barat

Bandung – BN, Desa Nagrog kecamatan Cicalengka siap mewakili Kabupaten Bandung pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan diselenggarakan pada bulan Mei 2018.

Kepala Desa Nagrog Gun Gun Suganda mengatakan terpilihnya Desa Nagrog tersebut karena sudah memenuhi berbagai indikator penilaian yang telah ditentukan, diantaranya adalah: 1.bidang penyelenggaraan pemerintahan Desa 2.Bidang kewilayahan 3.Bidang kemasyarakatan

Penilaian lomba tersebut merupakan bentuk evaluasi perkembangan desa 2 tahun kebelakang (tahun 2016 – 2017).
Pada kesempatan itu, Gun Gun pun menjelaskan, berkat inovasi masyarakat yang sangat besar menunjang dalam penilaian lomba  Desa yang dimiliki saat ini diantaranya :

  1. Bumdes unit simpan pinjam ,menjadi penyuluh sangat baik.”Penguasaan materinya sangat baik dan komunikatif sehingga banyak masyarakat yang tergerak ingin menjadi anggota Bumdes”, ujarnya pula.
  2. KP KRPL (Kawasan rumah pangan lestari .
  3. KP saber/sabilulungan bersih
  4. Kawasan satapok/sabilulungan tanam pohon kesayangan
  5. Rintisan Bank sampah,untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, dengan memberikan penyuluhan dalam hal nilai tambah dari sampah
  6. Pelayanan di hari libur,diantaranya guna memberikan pelayanan kepada masyarakat bila ada yang sakit dsb.
  7. Kerjasama dengan perusahaan tentang tenaga kerja guna mengurangi pengangguran
  8. Rintisan bumi perkemahan dengan luas 1 Ha. Guna memaksimalkan kegiatan generasi di Desa Nagrog, diantaranya pramuka dsb.

“Untuk menunjang semua aspek tersebut, maka diperlukan pembinaan dari pemerintah secara berjenjang baik di tingkat desa,kecamatan maupun kabupaten secara konsisten”, tegasnya.Oleh karenanya, Gun Gun Suganda meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah baik tingkat kabupaten, kecamatan serta desa agar terus meningkatkan koordinasi serta mewujudkan evaluasi dan keterpaduan program pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Bandung. “Hal itu dilakukan dalam upaya mewujudkan sinergitas program dan kegiatan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat”, tandasnya pula.(Gunarto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *