PGB & BKSDA Garut Adakan Kegiatan Solusi Untuk Gunung Guntur

Garut-BN,  Paguyuban Guntur Berkarya bersama jajaran BKSDA Kab. Garut mengadakan kegiatan sosialisasi pemasangan papan peringatan yang bertuliskan seruan kepada masyarakat tentang kepedulian terhadap lingkungan hidup di areal Gunung Guntur, Selasa (10/4/2018).

Hal ini dilakukan terkait dengan mulai terkikisnya fungsi ekosistem serta beberapa pengalihan fungsi manfaat hutan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang bereksploitasi secara tidak bertanggung jawab sehingga dikhawatirkan akan merusak tatanan lingkungan tersebut.

Menurut salah seorang aktifis lingkungan hidup yang sekaligus penggerak Paguyuban Guntur Berkarya (PGB), Abd. Gopur dalam pernyataannya ketika diwawancara oleh tim media, mengatakan bahwa kepedulian terhadap lingkungan harus di lakukan sejak dini, terutama  jika melihat kondisi yang ada diwilayah area Gunung Guntur.

“Kami memiliki harapan dan progres kedepan agar wilayah tersebut mengalami perubahan dan penataan kembali menjadi sebuah tempat pariwisata yang bisa menyajikan ciri khas pesona pariwisata diwilayah Tarogong Kaler,” ucapnya.

Hal tersebut di benarkan oleh Suryaman, Wakil Ketua PGB yang memaparkan dengan adanya kegiatan ini, baik PGB dan BKSDA Kab. Garut berharap menjadi sebuah awal untuk mendorong dan mengubah keadaan yang berkaitan dengan area Gunung Guntur.

“ Semuanya tidak akan terlepas dari peran semua lapisan masyarakat agar ikut menjaga area wilayah Gunung Guntur, karena merupakan tanggung jawab kita bersama,”Ungkap suryaman.

Apresiasi secara positif pun di berikan oleh Pimpinan Keluruhan Pananjung, Dani Hanapia, SE. Dani menyambut secara antusias kegiatan yang dilakukan oleh PGB bersama BKSDA serta berjanji akan ikut mendorong area wilayah Gunung Guntur menjadi salah satu titik  pengembangan sektor pariwisata Kab Garut yang secara otomatis akan dapat menunjang  kemajuan ekonomi didaerah kecamatan Tarogong Kaler.

Dirinya pun berharap Pemda Kab Garut mendukung penuh serta memberikan bantuan fasilitas yang diperlukan karena kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata program Pemerintah dalam hal Lingkungan Hidup yang mengarah kepada sektor Pariwisata.

Dalam akhir kegiatan, Paguyuban Guntur Berkarya mengajak para aktivis pemerhati lingkungan membantu sumbangan pemikiran serta membuat solusi yang mungkin dapat menjadikan area Gunung Guntur ini tidak hanya cukup di kritisir dan menjadi biang permasalahan dipemerintahan Kab Garut, akan tetapi lebih disikapi dan di ubah menjadi sebuah panorama yang meninggalkan kesan dan pesan ke indahannya dimata dunia. (Toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *