SD GMIM II Madidir Ikuti Lomba Adiwiyata Tingkat Kota Bitung

Bitung (Sulutgo)-binpers.com, Sesuai dengan amanah pasal 63 ayat (3 ) huruf N Undang – Undang Nomor 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan  Lingkungan Hidup tertera bahwa Pemerintah Kabupaten/Kota bertugas dan berwenang untuk memberikan pendidikan, pelatihan, pembinaan dan penghargaan lingkungan hidup tingkat Kabupaten /Kota.

Sebagai salah satu wujud kewenangan tersebut, pemerintah Kota Bitung melalui Dinas lingkungan Hidup bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Bitung pada tahun 2018 ini menyelenggarakan program Sekolah Adiwiyata yang  di ikuti perwakilan 6 Sekolah Dasar (SD) diantaranya SD Inpres  3/77 Danawodu, SD Inpres  10/73 Bitung, SD Inpres 7/83 Girian Weru Dua, SD GMIM I Maesa, SD GMIM II Madidir, SDN I Bitung, dan 5 Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) yaitu SMP Negeri I, SMP Negeri 2,SMP Negeri 4, SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 12 Bitung.

Sekolah Dasar GMIM II Madidir, Merupakan salah satu sekolah yang mewakili dari 6 sekolah yang akan mengikuti lomba penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat kota, penyelenggaranya dari dinas lingkungan hidup berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Bitung.

Kabid Dikdas SD/SMP Kota Bitung, Benny Bolang S.Pd

Program Sekolah Adiwiyata merupakan upaya mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan serta mempercepat pengembangan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Kepala Sekolah Dasar GMIM II Madidir, Revellyn Rapar S.Pd, mengatakan sekolah ini dari tahun lalu sudah berbenah terkait sekolah sehat, jadi tinggal perawatan.

“ Yang lain sudah tertata, serta sudah ada persiapan khusus, kami siap untuk mengikuti ajang lomba Adiwiyata untuk tingkat Kota Bitung, semoga bisa masuk ke-tingkat provinsi juga,” harapnya.

Revellyn pun optimis pasti  akan menang sebagai juara, karena lomba Adiwiyata ini penilaiannya mencakup penilaian lingkungan dan penghijauan, yang semuanya sudah dipersiapkan oleh para guru dan murid murid.

Sementara itu Kabid Dikdas SD/SMP Kota Bitung,  Benny Bolang S.Pd, ketika ditemui wartawan media binpers.com terkait Adiwiyata ini mengatakan, “Untuk sekolah  Adiwiyata ada 11 sekolah SD/SMP  perwakilan yang kami rekomendasikan ikut  dalam lomba yang di laksanakan setiap tahunnya untuk tingkat kota, dan sudah ada persiapan yang akan di benahi oleh sekolah, serta untuk sekolah yang ikut peserta adiwiyata adalah sekolah yang siap memberi diri untuk penilaian sekolah adiwiyata,dan penilaiannya kami percayakan kepada Dinas lingkungan Hidup,” ucapnya.

Benny menambahkan, untuk pelaksanaan penilaian Adiwiyata belum ada pemberitahuan, sementara ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, kapan di mulai pelaksanaan penilaian Adiwiyata tingkat kota. (sulutgo-01)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment