Roro Air Putih-Selari Terapkan E-Ticketing

BENGKALIS, RIAU [BN] – Untuk memberikan pelayanan prima bagi pengguna jasa penyeberangan roro Air Putih-Sungai Selari. Sesuai rencana, pertengahan Mei 2018, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan menerapkan Elektronik Ticketing (E-Ticketing).

Untuk penerapan sistem e-Ticketing ini, Dinas Perhubungan Bengkalis bekerjasama dengan PT Mata Pensil. Perusahaan ini telah menerapkan sistem e-Ticketing pada dua pelabuhan besar di Indonesia, diantaranya pelabuhan Merak-Bakahuni.

President Direktur PT Mata Pensil Romi Syaf Putra pada saat ekspose di depan Bupati Bengkalis Amril Mukminin di Pekanbaru, menjelaskan, program tersebut sangat baik diluncurkan di Kabupaten Bengkalis, karena berdasarkan survey data dari Dinas Perhubungan kabupaten Bengkalis, setiap tahunnya penggunaan penyebrangan roro terus meningkat.

“Oleh sebab itu, kita berani untuk menginvestasikan program ini. Apalagi pada pembangunan e-ticketing ini akan dilengkapi fasilitas yang terbaru baik dari sisi keamanan dan efesiensi waktunya,” ujar Romi sebagaimana dikutip dari website humas.bengkaliskab.go.id.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin memberikan apresiasi kepada PT Mata Pensil yang ingin menginvestasikan Elektoning Ticketing (E-Ticketing) yang rencananya akan dioperasikan pada pelabuhan roro Air Putih-Sungai Selari.

“Kami sangat mendukung E-Ticketing, dengan adanya hal tersebut, otomatis proses penyebrangan roro Air Putih-Sungai Selari akan berjalan lancar,” ungkap Bupati saat menghadiri Exposes Automatatic E-Ticketing, di Pekanbaru, Selasa (21/3/2018) malam.

Pelabuhan penyeberangan roro Air Putih Bengkalis

Masih kata Bupati, apalagi setiap tahunnya, penggunaan penyebrangan roro ini terus meningkat. Dengan adanya e-Ticketing juga dapat meningkatkan pendapatan  daerah Kabupaten Bengkalis dan mengurangi tingkat kebocoran karena setiap orang maupun kendaraan tidak dapat lewat atau palang tidak terbuka jika tidak digesek dengan tiket.

“Banyak hal baru yang bisa kita ketahui setelah diluncurkan E-Ticketing ini, baik dari segi keamanan, efesiensi waktu akan lebih terjamin,” ungkap Amril.

Penggunaan automatic ticketing ini nantinya setiap penumpang akan memiliki sebuah kartu seperti ATM yang nantinya akan di pintu masuk   yang telah tersedia di pelabuhan tersebut.

“Sistem ini nantinya tidak akan menggunakan tiket yang disobek lagi, semuanya akan seperti penggunaan tiket jalan tol,” ungkapnya.

Menurut Bupati, peluncuran E-Ticketing ini memiliki banyak kegunaan baik dari keamanan, kenyamanan para pengguna, dan lebih cepat, serta jaminan terintegrasi.

“Dengan diterapkan Automatic E-Ticketing pada pelabuhan penyebrangan roro Air Putih-Sungai Selari ini nantinya akan lebih aman, alasannya karena E-Ticketing ini memiliki sitem yang manifest, dan akan memproteksi semua kendaraan yang akan menggunakan penyebrangan roro ini,” ungkap Bupati.

Selain itu, dengan menggunakan teknologi asli Indonesia ini dapat menghindari kecurangan yang telah terjadi pada penyebrangan roro di Air Putih-Sungai Selari, sehingga dalam satu hari daerah kita akan rugi jutaan rupiah.

“Automatic E-Ticketing juga lebih cepat, alasannya e-Ticketing ini juga telah mendapatkan validasi dari Amerika dan Jepang, bahkan setiap kapal yang akan bersandar di dermaga pelabuhan nantinya akan lebih tepat waktu, karena mereka harus menempelkan kartu pada deck yang telah tersedia pada kapal tersebut, sehingga jika terlambat beberapa menit saja, kapal tersebut akan terkena denda, dan ini adalah salah satu hal untuk memanajemenkan waktu penyebrangan kita,” papar Kepala Daerah Bengkalis itu.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis Djoko Edi Imhar mengatakan, Kabupaten Bengkalis sudah tiga tahun tidak menyesuaikan tarif penyebrangan.

“Daerah lain sudah menyesuaikan. SeJalan dengan menerapkan E-Ticketing ini kita juga menyesuaikan penaikan tarif penyebrangan,” ungkap mantan Camat Pinggir itu.

Turut mendampingi Bupati Bengkalis saat Ekspose tersebut, Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra, Kepala Bappenda Kabupaten Bengkalis H Imam Hakim, Kepala BPKAD Kabupaten Bengkalis Aulia, Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Jordi Indra Bustian.

Kemudian Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis Djoko Edi Imhar, Plt Direktur RSUD Bengkalis dan Mandau dr Ersan Saputra, Kabag Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Riki Rihardi, dan Kabag Humas Sekretariat Daerah Bengkalis Muhammad Fadhli.[ye]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *