Kadis PUCK Sumsel Diduga Rugikan Negara Ratusan Milyar Rupiah

Palembang (Sumsel)- BN, Koordinator Perkumpulan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin melaporkan Kepada Dinas PU Cipta Karya Basyarudin dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) atas dugaan korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang merugikan negara sebesar Rp 151 Miliar ke Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumsel.

Boyamin menjelaskan, pihaknya hendak menyampaikan laporan dugaan Tindak Pidana Korupsi dan TPPU terkait dugaan Dinas PU Cipta Karya Provinsi Sumsel tahun anggaran 2016, untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan lingkungan di beberapa kabupaten/kota sebanyak 346 paket pekerjaan dengan nilai kontrak Rp 151.459.543.100.

“Kegiatan pembangunan jalan lingkungan pada Dinas PU Cipta Karya tahun anggaran 2016 yang merugikan negara diantaranya pembangunan infrastruktur pedesaan Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, Muara Enim, Muratara, Muba, Ogan Ilir, OKI, OKU, OKUS, OKUT, Pali, Lubuklinggau dan Pagaralam,” ujarnya.

Selain itu, dugaan korupsi dan TPPU juga dilakukan untuk pembangunan infrastruktur di perkotaan Palembang, dan Prabumulih.

“Dugaan korupsi juga dilakukan untuk pembangunan Jalan Tanjung Raya Kecamatan Indralaya di Ogan Ilir, peningkatan jalan lingkungan Jalan Perjuangan Kelurahan Pulogadung Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang, pembangunan jalan lingkungan Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim, pembangunan jalan lingkungan Kecamatan Fajar Bulan Kabupaten Lahat dan pembangunan jalan lingkungan Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat,” paparnya.

Kegiatan itu dikategorikan korupsi dan penyalahgunaan wewenang karena bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang jalan yang menjelaskan bahwa pembangunan jalan berdasarkan statusnya, misalnya jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten/kota dan jalan desa.

“Atas dasar UU Nomor 38 tahun 2004, kita melaporkan Kepala Dinas PU Cipta Karya Provinsi Sumsel dan PPK Dinas PU Cipta Karya Sumsel ke Kejati,” pungkasnya. (Edy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *