DD dan ADD 278 Desa Terancam Tak Cair Ditahun 2018

Parmiur-BN, Sebanyak 278 desa terancam tidak bisa mencairkan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD). Sebab belum membuat anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

“Salah satu syarat pencairan DD dan ADD yakni rampungnya pembuatan APBDes,’’ kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Parigi Moutong , Ervian Aksa Yoga saat dihubungi via telepon, Jumat (23/03).

Ervian Aksa Yoga  mengungkapkan, dari 278 desa yang ada di Kabupaten Parigi Moutong, belum ada satu pun desa pun yang belum tuntas satupun membuat APBDes   DRK dan RKP. dari semua desa belum ada satupun.

“Kecepatan pencairan DD dan ADD sangat tergantung dari kelengkapan administrasi dari desa. Jika desa ingin segera mencairkan DD dan ADD, diantaranya harus segera merampungkan APBDes,“ terangnya.

Dia menambahkan, belum ada satupun kecamatan yang seluruh desanya belum
merampungkan satupun desa. Menurut Ervian, tahun ini jumlah ADD dari APBD sama dengan tahun lalu yakni Rp 126,496 miliar. Sedangkan DD dari APBN, Kabupaten Parigi Moutong.

Sedang didalam UU No 6 tahun 2014 dinyatakan tentang Pembinaan dan Pengawasan adalah tanggung jawab Kabupaten Parigi Moutong ternyata Kegagalan tersebut disebabkan dari Pemda Kabupaten Parigi Moutong dan Pemda Provinsi Sulawesi Tengah.karena Lemot sekali dari Pemda tersebut.

“Penurunan itu karena perbedaan penghitungan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sebelumnya penghitungan hanya menggunakan alokasi dasar dan alokasi formula. Sementara tahun ini ditambah alokasi afirmatif, yakni alokasi bagi desa yang sangat tertinggal. (Ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *