BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Temu Akbar Nelayan Nasional Di Pantai Matras Sungailiat

Bangka Belitung-BN,  Negara kesatuaan Republik Indonesia adalah negeri maritim yang mana seluruh wilayah dikelilingi oleh lautan yang berlimpah hasil lautnya dan tak aneh kalau nenek moyang bangsa ini adalah pelaut ulung.

Namun sangat ironis jika kesejahteraan para nelayan masih jauh dibilang sejahtera dan masih terbelengu serta terlilit hutang dengan para cukong dan tengkulak.

Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Kelautan dan Perikanan LKPI ini dilaksanakan minggu 11/2 di pantai matras kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi kepulauan Bangka Belitung yang dihadiri Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah, Menteri Dalam Negeri diwakili Dir SPUD I Kemendagri RI Ibu Sri Purwaningsih, Pangdam ll/SWJ Mayjend TNI AM. Putranto, Kapolda Prov Babel Brigjend pol syaiful Zahri, Waasops pasmar Laksamana madya farial fahroni Danrem 045/Gaya Kol inf Abdulrahman, Sekertaris Direktorat Jendral Tangkap KKP RI Ir.Rifky Effendi Hardijanto, Bupati Bangka Ir. H. Tarmizi A Saat H, Kepala Bapeda Prov.Babel Feri Insani, Plt kepala Badan Lingkungan Hidup Syahrudin, Danlanal Prov Babel kol laut Iwan,Dandim 0413/ Bka Letkol inf Rizki Budianto, Sekda Prov Babel Iyan Mega Wandi, Dir eksekutif LKPI Pusat Dr .ayub paidiban Komisi DPRD Babel Tokoh Masyarakat Bpk Husein Karim perwakilan nelayan seluruh Indonesia serta tamu undangan lainnya.

Direktur LKPI pusat, Ayub Paidiban dalam kata sambutannya mengatakan, aktivitas nelayan di Provinsi Bangka Belitung menjadi sektor pendukung perekonomian Babel untuk itu bantuan dari pemerintah pusat dan daerah berupa alat tangkap ikan sangat diharapkan.

“Kami sangat peduli dengan nelayan yang biasanya berjalan sendiri, sehingga dapat menjadi organisasi yang peduli dengan para nelayan. Untuk itu marilah kita menyatukan visi misi serta mendukung dan membina nelayan Indonesia dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mengangkat derajat nelayan.” Ujar Ayub F.

Sementara Dirjen Sri Purwaningsih di acara yang sama berharap dengan adanya LKPI bisa berkontribusi dengan pembangunan bangsa. Bisa menjadi jembatan jalan nelayan berkomunikasi dengan pemda dan pemerintah pusat.

Karena keberadaan LKPI sepanjang rekonstruktif, permasalahan yang di temui bahwa terkait dengan penetapan lapak di laut yang sampai hari ini baru 8 provinsi yg telah menetapkan. Segera menetapkan perda zonasi laut. Menjadi dasar hukum semua pelaku usaha.

Sementara itu Wakil Gubernur Kep Babel abdul fatah mengatakan. “dibidang bahari, kita bersama berbuat banyak untuk masyarakat, memberikan perlindungan kepada masyarakat nelayan babel.  950 pulau pulau kecil sudah dilakukan yaitu 1.148 jt penduduk jiwa. Potensi laut dari sisi penangkapan ikan 1143 ton pertahun. Tidak salah mengedepankan dibidang pembangunan inovasi agropolitan bahari. Adalah jumlah nelayan yg terdata 53.125 org. Memberikan kartu nelayan 25025 nelayan. Banyak manfaat dalam melakukan diskusi pembahasan kesejahteraan nelayan. Nilai tukar nelayan babel 2017 berada diangka 121 % dalam menunjang perekonomian. Perlu menjadi isu strategis. Pemerintah harus bisa memastikan ada jaminan perlindungan dan menjaga laut. Harus bisa menjadi momentum bersinergi menjadi nelayan yg pintar, berwawasan lingkungan dan sejahtera,” Tegas Abdul Fatah.

Di akhir kegiatan tersebut, dilakukan penganugerahan panglima laut melalui TANN, atas nama kepala suku Babel Ayahanda Husein karim dengan menobatkan ayub faidiban direktur LKPI sebagai panglima laut nelayan indonesia. dan penyerahan tongkat komando. (Amir H)

Berita Terkait Babel :

Giat Silahturahmi Keluarga Besar TNI Di Makodim 0413 BKA

Bangka Belitung-binpers.com, Guna mempererat  silahturahmi serta meningkatkan pemahaman tentang Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika untuk berpartisipasi dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI, Kodim 0413 BKA melaksanakan Komsos di Aula Makodim  jalan sungai selan kota Pangkalpinang. Hadir dalam acara tersebut undangan keluarga besar TNI LVRI, PEPABRI, PPAD, FKPPI, PPM, UNIT KORPRI TNI, DHARMA PERTIWI dan PERSIT […]

0 comments

30 Personil Polhut Amankan Hutan Dibabel

Bangka Belitung-binpers.com.  Hari Bhakti Rimbawan ke 35 diperingati di Balai Pemantapan Kawasan Hutan ( BPKH ) Wilayah XIII Pangkalpinang jalan Pasir Padi Kelurahan Air Itam Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung, Senin (19/3/2018). Hutan merupakan kekayaan alam yang tak terhingga serta harus dijaga kelestariannya, 30 personil Polhut harus bekerja ekstra dalam menjaga dan  memelihara hutan yang ada di […]

0 comments

Satlantas Polres Pangkalping Tertibkan Parkir Dan Pengendara

Bangka Belitung-BN, Kemacetan dan kesemerawutan di jalan menuju pasar dan Mall disekitarnya menjadi perhatian serius dari Satlantas Polres Pangkalpinang. Bersama Satfung Propam dan Sabhara dipimpin Kasat lantas, AKP Heriansyah mengantisipasi hal tersebut dengan melasanakan giat penertiban secara persuasif terhadap petugas parkir yang sebagian median jalan terpakai untuk parkir kendaraan roda dua dan roda empat sehingga […]

0 comments

Pjs Walikota Pangkalpinang Akan Menata Pasar

Bangka Belitung-BN, Pasar Induk Pangkalpinang yang terletak ditengah kota Pangkalpinang  tampak semrawut dengan banyaknya median jalan dipakai oleh para pedagang kaki lima. Hal ini menjadi perhatian serius Pjs Walikota Pangkalpinang, Asyraf Suryadin yang baru dilantik oleh Wagub Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Abdul fatah menggantikan Irwansyah dikarenakan mengikuti Pilkada Gubernur Sumetera selatan sedangkan Wakil walikota Sofyan […]

0 comments

ATM Bersama Milik Beberapa Bank Dirusak Orang Stress

Bangka Belitung-BN, Tindakan pengerusakan yang dilakukan oleh Orang tidak dikenal pada hari Senin tanggal 12 milik beberapa Bank yakni BNI, BRI dan Mandiri yang ada di Kelurahan Bukit Merapin Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang dalam waktu tiga jam berhasil diringkus . Pelaku berhasil ditangkap setelah memeriksa CCTV yang terpasang di dalam ruangan ATM. Petugas dari Polsek […]

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *