Sekretaris Desa Diduga Ambil Alih Kegiatan Pendaftaran Tanah Secara Gratis, Program PTSL Malah Bermasalah

Bin Tolitoli Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di Desa Lingadan diduga bermasalah, sejumlah pungutan dilakukan tanpa ada musyawarah, masyarakatpun minta agar pemerintah Desa bisa Transparansi dalam penggunaan dana pungutan tersebut.

Program andalan pemerintah melalui pendaftaran tanah secara gratis kini mulai menuai masalah, sejumlah desa memanfaatkan peluang untuk memperkaya diri  melalui program yang di kenal dengan singkatan PTSL (Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap).

Hal ini dilakukan merujuk pada Surat keputusan bersama 3 menteri tentang pembiayaan persiapan pendaftaran tanah sistematis yang antara lain peruntukanya adalah penyiapan dokumen, pengadaan patok dan materai serta biaya operasional desa. dasar inilah yang menjadi ajang pungli oleh sejumlah desa, salah satunya desa Lingadan kec Tolitoli Utara  yang melakukan pungutan  sebesar 300 ribu rupiah /bidang dengan alasan pada  poin 6 SKB 3 mentri tersebut.

Padahal dalam keputusan tersebut mengharuskan setiap pemerintah desa harus melakukan musyawarah  dengan mengedepankan azaz kepetingan umum.

Lain halnya dengan desa Lingadan yang tidak melakukan kajian dan musyawarah desa yang seharusnya di buktikan dengan berita acara hasil pertemuan tersebut bahkan kepala desa Lingadan tidak mau ikut campur dalam kegiatan tersebut.

” Saya tidak mau terlibat dalam program PTSL karena saya tidak mau disoroti masyrakat, jadi saya tidak tau menahu kalau ada pungutan ini dan itu, dan jika memang terbukti bahwa panitia melakukan pungli silahkan laporkan kepada pihak yang berwajib agar segera di proses,” tegas kades Lingadan saat dikonfirmasi melalui layanan telefon seluler.

Sebelumnya Panitia Desa Lingadan yang diketuai oleh Ibu Sekretaris Desa mengatakan bahwa pihaknya sempat melakukan musyawarah pada saat sosialisasi dari Badan Pertanahan, hanya saja memang tidak sempat dibuatkan berita acaranya dan seluruh masyarakat sepakat jika dikenakan tarif 300 ribu /bidang.

Namun sayangnya ketika diminta rincian penggunaan angaran tersebut, Sekretaris Desa tidak bisa merincikanya melainkan hanya memberikan gambaran umum pengunaan anggaran tersebut.

Dari 147 bidang maka ada dana yang terkumpul kurang lebih 32 juta rupiah  dari dana tersebut  12 juta diperuntukkan untuk biaya materai dan patok, sisanya untuk biaya operasional desa sebesar 20  juta rupiah.  Sehingga sangat dimungkinkan desa diduga telah melakukan pungli. (Edi)

Berita Terkait Sulteng :

Kapolsek Bunta Iptu Jimyarto Anasim,SH, Jenguk Pasien Puskemas Bunta

Sulteng, Binpers.com- Disela-sela kesibukan tugas selaku Kepala Kepolisian Sektor (kapolsek) Bunta wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Banggai, Selasa 18/9/18 pukul 11.30 WITA. IPTU Jimyarto Anasim,SH yang akrab disapa Pak Jimy, menyempatkan diri menjenguk pasien rawat inap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Giat seperti ini sudah menjadi kebiasaan Jimy dimana saja ia ditugaskan tanpa membedakan latar belakang orang yang dikenalnya. Kebiasaan inilah yang kemudian menjadikan orang yang berlatar belakang pendidikan Brimob dikepolisian Republik Indonesia ini dikenal oleh masyarakat dimanapun ia bertugas. Kepada media binpers.com, Selasa  (18/9/2018)…

0 comments

Longki Menyambut Kunjungan Utusan Sultan Brunai Darusalam Di Sulteng

Sulteng, Binpers.com- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. H. Longki Djanggola didampingi beberapa Pejabat Asisten Administrasi seperti, Kadis Pendidikan, Kepala BAKD, Karo Ekonomi, Karo Humas dan Protokol bersama Ketua KONI, menerima utusan Sultan Brunai Darusalam Tuan Syafri selaku Direktur Bidang Olahraga dan Kepemudaan di ruang Kerja Gubernur, pada hari Selasa  (18/9/18) Dalam pertemuan tersebut Tuan Syafri menyampaikan salam hangat dari Sultan Brunai Darusalam dan Menteri Pemuda dan Olahraga Brunai Darusalam. Tujuan Tuan Syafri ke Sulteng untuk menyampaikan Undangan dari Sultan Brunai Darusalam kepada Pemuda Sulawesi Tengah untuk mengikuti Ivent Olahraga  BIMPEAGA ( Brunai…

0 comments

Polsek Pagimana Bekuk Pelaku Pengedar Narkoba Jenis THD

Pagimana, Banggai, Sulteng (BN),-  Kepolisian Resort Banggai Sektor Pagimana berhasil meringkus oknum pelaku pengedar barang haram jenis THD. Tersangka I (25)  dan dua orang temannya diamankan ditempat terpisah pada Minggu 16 September 2018 sekitar pukul 18.30 wita. Penangkapan ini berawal dari aduan warga Desa Jayabakti atas ulah seorang pemuda laki-laki inisial (i) alias Iswan (25) warga Desa Jayabakti dan teman-temannya  berpesta miras pada sabtu malam hingga membuat keributan dan pada minggu siang laki-laki (i) juga menghadang setiap kenderaan yang melintas. Saat menerima laporan warga, pihak Polsek Pagimana dipimpin Kapolsek AKP.…

0 comments

Kearifan Lokal Hiasi Pameran KKN Unismuh

Lobu, Sulteng (BN),-  Pameran pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Universitas Muhamadiyah (KKN-Unismuh) Luwuk Kabupaten Banggai  angkatan XXXV berlangsung meriah dan sukses. Pameran tersebut dibuka oleh wakil rektor I Unismuh Bpk. Farid Haluti pada Senin, 03 September 2018 diikuti oleh ribuan pengunjung dari 10 Desa sekecamatan Lobu, kabupaten Banggai. Suguhan yang ditampilkan para peserta cukup luar biasa pasalnya bahan baku dari barang-barang yang dipamerkan berasal dari bahan baku lokal yang memanfaatkan hasil pertanian dan perkebunan milik warga setempat serta perniki-pernik dari bahan hasil hutan. Dalam sambutannya, rektor Farid Haluti mengucapkan…

0 comments

Tidak Terima Diberhentikan, Aparat Desa PTUN-Kan Kades Awu

Luwuk, Sulteng (BN),- Kepala Desa Awu kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah baru-baru ini (04/09)  mengikuti sidang yang ke empat kalinya di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palu, Sulawesi Tengah. Pasalnya, dua orang aparat Desa Awu yang merasa tidak puas dengan pemberhentian dirinya beberapa bulan lalu, melaporkan kepala Desa Awu hasil pemilihan kepala Desa Pengganti Antar Waktu (Pilkades-PAW) Hambali Nyambang ke PTUN Palu sesuai surat gugatan yang dilayangkan ke PTUN Palu tertanggal 02 Juli 2018 tentang Gugatan Tata Usaha Negara terhadap Kepala Desa Awu Hambali Nyambang selaku tergugat I…

0 comments

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment