BINPERS

Berita Investigasi Nasional

PN Baturaja Terapkan Sistem PTSP Berbasis Online

Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, Singgih Wahono

OKU Raya-BN, Pengadilan Negeri (PN) Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menerapkan sistim Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan layanan berbasis teknologi sistem online di layar elektronik yang telah disiapkan.

Ketua PN Baturaja Singgih Wahono menjelaskan, kalau dulu masyarakat datang ke pengadilan membutuhkan surat keterangan belum pernah dihukum atau surat untuk besuk tahanan, mereka harus ke ruang pidana dan antri.

Namun, sekarang, sudah dipermudah dengan menyampaikan maksud tujuannya dan menunggu di ruang tunggu, dalam waktu singkat, yang menjadi keperluannya akan diproses secepatnya tanpa dipungut biaya.

Berita Terkait OKU Raya :

“Sistem ini diterapkan demi transparansi dan akuntabilitas serta memudahkan masyarakat dalam proses kepengurusan layanan di Pengadilan Negeri Baturaja,” katanya, Sabtu (10/2/2018).

Menurut Singgih, sistem layanan terpadu satu pintu ini untuk menghindari pungutan liar dan diharapkan dapat mempermudah masyarakat agar pelayanan yang diberikan petugas pengadilan lebih cepat dan efektif.

Dengan layanan terpadu satu pintu, waktu yang diperlukan, mulai mendaftar hingga kepengurusan tidak menunggu lama.

Singgih menambahkan, PN Baturaja juga telah menyiapkan meja informasi untuk hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan, dan survei kepuasan pelanggan serta ada lembaga pengaduan.

“Di sini ada dua lembaga pengaduan yaitu lewat meja pengaduan dan pengaduan secara online melalui siwas langsung ke Mahkamah Agung Republik Indonesia,” katanya.

Mengenai mekanisme pengaduan, lanjut Singgih, yang bersangkutan mengajukan pengaduan nanti akan diterima oleh petugas dan diberikan tanda terima pengaduan.

Selanjutnya dalam waktu kurang lebih satu minggu pengaduan tersebut akan diproses.

“Dengan sistem layanan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pengurusan di pengadilan,” paparnya. (edy nb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *