Pembangunan Rehab Gedung SDN POH Diduga Asal-Asalan

Luwuk Banggai, Sulteng (BN),- Sekolah Dasar Negeri (SDN) Poh Kecamatan Pagimana kabupaten Banggai Sulawesi Tengah tahun 2017 kemarin kecipratan bantuan dana rehab gedung sekolah dari pemerintah Daerah Kaupaten Banggai.

Besar dana rehab sekitar Rp 197.945.000,- (seratus sebilan puluh tujuh juta sembilan ratus empat puluh lima ribu rupiah) yang waktu pelaksanaan pembangunannya sudah selesai. Dari sumber diperoleh informasi bahwa hasil pekerjaan sangat tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Hasil pantauan awak media ini dilapangan beberapa pekan lalu terlihat papan proyek dan kondisi beberapa item pekerjaan yang diduga dikerjakan asal-asalan. Antara lain konsen jalusi yang nampak menganga serta kabel instalasi listrik dipasang dibawah langit-langit (plafon-red).

Pihak otoritas sekolah kepada awak media ini menuturkan bahwa dirinya dari awal tidak mengetahui informasi kalau gedung sekolahnya mendapat bantuan dana rehab gedung sekolah. Sumber juga mengaku kalau dia mengetahuinya setelah pelaksana proyek mau melakukan kegiatan.

“Saya bersyukur sekolah dibantu namun saya juga bingung karena tiba-tiba sudah didatangi pelaksana proyek yang katanya mau melakukan kegiatan rehab gedung sekolah, dokumen apapun terkait hal itu tidak diketahui,” tutur sumber yang tidak mau disebutkan namanya. Masih dari sumber bahwa sudah datang Tim pemeriksa dan kami sudah memberitahukan kondisi fisiknya namun hingga kini tidak ada realisasi perbaikan yang sesuai. Ditambahkannya pula bahwa pihak sekolah tidak pernah melihat RAB terkait pembangunan rehab tersebut.

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Banggai (Plt) Tasyriq Djibran saat ditanya terkait penempatan proyek dimaksud, Kadis menuturkan kalau kebijakan Dinas tersebut diambil semata-mata hanya untuk mengamankan kebijakan Bupati. Diruang kerjanya, Ketua Tim PHO juga menuturkan kalau sudah dilakukan pemeriksaan lapangan dan sudah memerintahkan pihak pelaksana untuk menyelesaikan pekerjaan yang tersisa.

Sampai berita ini diturunkan, kondisi gedung sekolah SDN Poh yang direhab belum ada perbaikan sebagaimana mestinya. Beberapa Warga meminta kepada instansi terkait ditingkat atas agar menindak tegas pelaku proyek yang tidak becus dalam melaksanakan pekerjaan rehab SDN Poh. “Kami minta agar pihak instansi terkait ditingkat agar menindak tegas pelaksana proyek yang tidak becus melaksakan pekerjaan”, keluh seorang warga Desa yang meminta tidak disebutkan namanya. (Verra WRC/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *