Lomba Kesrak TP-PKK Digelar Di Kabupaten Lampung Utara

Asisten I Bidang Pemerintahan Yuzar. SH.,M.Ap. , Ketua TP. PKK Kabupaten Lampung Utara Hj. Endah Kartika Prajawati Agung. S.STP.,M.H., bersama Ketua Tim Penilai Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan DR. dr. Hj. Raihana. M.Kes, Wakil Ketua II TP. PKK Propinsi Lampung Dwi Endang Sutono, meninjau stand pameran pada acara Lomba Kesrak PKK – KB – Kesehatan dan Lomba Kegiatan -kegiatan PKK tingkat Propinsi Lampung di Desa Semuli Jaya Kec. Abung Semuli Kab. Lampung Utara Tahun 2017. Senin (04/12/17)

Lampura-BN, Lomba Kesrak PKK – KB – Kesehatan dan Lomba Kegiatan -kegiatan PKK tingkat Propinsi Lampung dilaksanakan di Desa Semuli Jaya Kec. Abung Semuli Kab. Lampung Utara Tahun 2017. Senin (04/12/2017).

Dalam acara tersebut,diawali dengan senam bersama dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, yang diikuti oleh seluruh undangan yang hadir.

Ketua TP. PKK Kabupaten Lampung Utara Hj. Endah Kartika Prajawati Agung. S.STP.,M.H., dalam laporannya menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan serta Lomba Program Pokok PKK tingkat Propinsi Lampung di Desa Semuli Jaya Kec. Abung Semuli.Pelaksanaan Kesrak PKK-KB-Kesehatan serta Lomba 10 Program pokok PKK berdasarkan Surat Ketua Tim PKK Propinsi Lampubg Nomor : 123/Skr/PKK.LPG/XI/2017. Desa Semuli Jaya memiliki beberapa keunggulan terkait Pelaksanan Kesatuan Gerak PKk – KB dan Kesehatan serta 10 program Pokok PKK, secara umum telah memperlihatkan perkembangan dan hasil yang cukup menggembirakan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, mastarakat dan semua pihak yang telah mensukseskan program pemberdayaan kesejahteraan keluarga,khususnya di Kabupaten Lampung Utara,”ujar Endah.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Utara yang disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Yuzar. S.H., M.Ap., Desa Semuli Jaya Kecamatan Abung Semuli ini, adalah Desa unggulan yang menjadi pemenang pada Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Lampung Utara Tahun 2016, sehingga pada tahun 2017 ini menjadi wakil Kabupaten Lampung Utara dalam mengikuti Lomba Kesrak PKK-KB dan Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung.

Desa Semuli Jaya telah memiliki berbagai faktor penunjang, sehingga kami semakin yakin untuk menunjuk desa ini sebagai wakil dari Lampung Utara. Seperti, Bidang pemerintahan telah berjalan dengan sangat baik, begitu pula dengan fasilitas gedung perkantoran yang refresentatif dan baik. Bidang kewilayahan,  Desa Semuli Jaya memiliki wilayah yang tertata dengan cukup baik sebagai cermin masih melekatnya kegiatan gotong royong di masyarakatnya.

Sarana dan prasana pelayanan umum masyarakat tersedia dengan lengkap, terdapat sekolah dari jenjang pra sekolah (PAUD/TK), pendidikan dasar sampai dengan menengah. Sarana kesehatan terdapat Puskesmas, Pustu, Posyandu, klinik bersalin swasta yang didukung oleh tenaga medis dokter, bidan dan perawat dalam jumlah yang cukup.

Selaras dengan itu, kesadaran masyarakat akan kesehatan, cukup baik dan Bidang Kemasyarakatan, Kondisi perekonomian masyarakat Desa Semuli Jaya cukup stabil, karena masyarakat Desa tidak mengandalkan satu usaha saja, sehingga tingkat pendapatan  cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, saya sangat yakin dan optimis, Desa Semuli  Jaya layak menjadi Juara Pertama pada Lomba Kesrak PKK-KB dan Kesehatan serta Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017 ini,” ujar Bupati.

Selanjutnya kepada Tim Penilai, saya persilahkan untuk melaksanakan penilaian yang seluas-luasnya, dan seobjektif mungkin, sehingga hasilnya nanti akan membuat masyarakat menjadi bangga dan semakin termotivasi dalam  membina keluarga kecil yang sejahtera, sehat dan berkualitas,” ujar Agung

“Tidak lupa, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat, atas kerja keras dan partisipasinya dalam mempersiapkan kegiatan ini, sehingga lomba ini dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan,” pungkas Bupati

“Untuk itu, kepada seluruh Satuan Kerja terkait, saya sangat mengharapkan perhatian yang sungguh-sungguh, terutama paska lomba berlangsung, masyarakat harus tetap mendapat perhatian, karena masyarakat telah bersusah payah dan bergotong royong membangun desanya, dalam rangka menunjukkan peran serta dalam pembangunan di Kabupaten Lampung Utara yang kita cintai ini,” ucap Bupati diakhir sambutannya.

Sambutan Ketua Tim Penilai Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan DR.dr. Hj. Raihana. M.Kes. menyampaikan pelaksanaan Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan dan Lomba 10 Program PKK merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan bhakti sosial TNI-KB-Kesehatan Terpadu sampai bulan Oktober.

Kesrak PKK-KB-Kesehatan diharapkan mampu meningkatkan motivasi kerja pihak-pihak berkepentingan sehingga terpacu untuk lebih intensif cakupan / sasaran program menjelangberakhirnya tahun kegiatan dan dapat diharapka memicu keberhasilan kegiatan PKK dalam menggerakkan keluarga dan masyrakat untuk berprilaku lebih baik dan berperan serta dalam mensukseskan program-program pemerintah.

Pelaksanaan Kesrak PKK-KB-Kesehatan tahun 2017 dilakukan penilaian terhadap 4 jenis kegiatan yaitu, pelaksana terbaik kegiatan Kesrak PKK-KB-Kesehatan, Pelaksana terbaik Posyandu, pelaksana terbaik PHBS di rumah tangga dan pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.

“Saya tidak lupa mengucapkan Selamat kepada Kab. Lampung Utara yang telah menjuarai Lomba senam Gabat gibut sebagai juara 1 dan Rekor Muri senam Propinsi Lampung dengan 5000 peserta,” ujar Raihana diakhir sambutannya.

Usai acara tersebut dilaksanakan pemberian bantuan dari Ketua TP. PKK Propinsi Lampung kepada Ketua Tim PKK Desa Semuli Jaya,yang diserahkan oleh Wakil Ketua II TP. PKK Propinsi Lampung Dewi Endang Satono dan dilanjutkan dengan Penialaian dan peninjauan Lomba Kesrak-KB-Kesehatan oleh Ketua Tim Penilai Tingkat Propinsi Lampung,didampingi Ketua TP. PKK Lampung Utara,Ketua Dharma Wanita Kab. Lampung Utara,Camat Abung Semuli dan Kades Semuli Raya.

Hadir dalam acara Lomba Kesrak PKK – KB – Kesehatan dan Lomba Kegiatan -kegiatan PKK tingkat Propinsi Lampung tersebut, Ketua Tim Penilai Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan DR. dr. Hj. Raihana. M.Kes,  Wakil Ketua II TP. PKK Propinsi Lampung Dwi Endang Sutono, Asisten I Bidang Pemerintahan Yuzar. SH.,M.Ap., Ketua TP.PKK Lampung Utara Hj. Endah Kartika Prajawati Agung. S.STP.,M.H., Wakil Ketua TP.PKK Lampung Utara Hj. Dayuk Ratih Handayani, Ketua Dharma Wanita Lampung Utara, Para Camat, Kades Semuli Jaya dan masyarakat Kec. Abung Semuli. *(H/LU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *