BINPERS

Berita Investigasi Nasional

HP FTZDisinyalir Bebas Keluar Kota Batam

Batam (binpers.com) –  Menjamurnya hp di kota Batam ,Importir Hand phone (Hp) juga kian menjamur di Kota Batam. Hal tersebut dipicu adanya keuntungan menggiurkan dari yang bisa didapat dari bisnis ini. Pasalnya, importir bebas melakukan pengiriman barang keluar dari kawasan Free Trade Zone (FTZ) Batam.,

Informasi yang dihimpun dari seorang sumber terpercaya, bahwa para importir Hp di Kota Batam semakin hari selalu bertambah. Wajar fenomena tersebut terjadi karena keuntungan didapat dalam bisnis ini sangatlah besar, meskipun melakukan pelanggaran.

Ini bukan rahasia baru lagi, mayoritas orang Batam sudah mengetahui bahwa begitu mudahnya Hp dikirim keluar kawasan FTZ Batam melalui jasa pengiriman barang secara bebas,” katanya, Kamis (11/1).

Disinalah celah bagi mereka untuk bermain, harusnya dalam aturan setiap handphone dikirim keluar harus dikenakan PPN 10 persen dan pajak keluar 15 persen dari harga barang tersebut serta PPH 2,5 persen.

Kalau barang masuk Batam tidak kena pabean karena menggunakan failitas FTZ, beda dengan daerah lain. Inilah dimainkan mereka sehingga harga jual didaerah lain lebih murah dari harga pasaran,” katanya.

Dia mengungkapkan pola permainan importir handphoe di Kota Batam yaitu melakukan pengambilan barang dari Singapura dan China untuk dibawa ke Batam, setelah itu baru disebar keseluruh daerah Indonesia.

Praktek tersebut tidak lagi dilakukan secara sembunyi-sembunyi, malahan secara terbuka. Anehnya aparat terkait hanya diam. “Kabarnya disini ada oknum ikut terlibat, sehingga bisnis ini tumbuh subur meski merugikan negara karena tidak kena pajak saat keluar dari kawasan FTZ,” tegasnya.

Humas BC tipe B Batam Frans Samuel mengaku tidak bisa mengakses pemasukan pajak dari importir HP di Kota Batam, sebab tidak tampil jika dicari dengan nama importir juga toko tempat menjualnya.

Data yang kita punya pakai NPWP dasarnya, karena kalau nama kita juga harus tau pasti nama yang dipakai, tidak menutup kemungkinan nama ke BC beda dengan nama toko. Bisa dicarikan NPWP yang dipakai untuk kegiatan ke BC. Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *