BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Camat Pagimana Bakal Tertibkan Parkir Liar Dan PKL Bandel

Pagimana, Luwuk Banggai, Sulteng (BN),- Keberadaan Parkir Liar dan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggunakan fasilitas umum diluar ketentuan akan ditindak tegas. Pasalnya fasilitas terminal sudah disediakan oleh pemerintah dan keberadaan PKL yang memanfaatkan jalur saluran sanitasi (riol-red) serta punggung jalan dirasakan cukup mengganggu pengguna jalan di dalam kota karena sebagian jalan sudah dijadikan terminal bagi kendaraan penumpang serta para PKL yang menjajakan jualannya di punggung jalan.

Otoritas Perhubungan Darat saat dikonfirmasi terkait pemanfaatan sarana terminal penumpang menuturkan bahwa sudah berulang kali dihimbau agar kenderaan penumpang menunggu penumpang diterminal namun himbauan itu tidak diindahkan. Nampak suasana terminal sunyi dan tanpa penghuni, blok pasar tertutup rapat.

Ditempat lain saat ditemui diruang kerjanya, Kepala Unit Pengelola teknis (KUPT) Dinas Pasar Kecamatan Pagimana kepada awak media Binpers mengatakan bahwa sebagian besar pelaku pasar ada yang memanfaatkan fasilitas pemerintah dan ada juga yang memanfaatkan punggung jalan. Dan untuk ketertiban lingkungan sudah pernah dihimbau agar menggunakan fasilitas pasar dan tidak menggunakan fasilitas lain terutama wilayah jalur jalan umum namun kenyataannya masih ada PKL yang tetap menggunakan fasilitas umum diluar areal yang dianjurkan.

“Sebenarnya kami tidak mau memakai jalur pinggir jalan untuk berjualan tapi gimana lagi, blok pasar yang disediakan pemerintah sudah ada yang tempati, bahkan sebagian pemilik blok pasar hanya atas nama dan juga ada yang berprofesi sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) sehingga kami yang cuma orang kecil tidak kebagian lagi,” keluh seorang PKL yang enggan disebutkan namanya.

Di areal jalan dipusat kota Pagimana nampak beberapa kendaraan plat nomor polisi berwarna kuning nongkrong sembari menunggu penumpang, jalan dipusat kota Pagimana sudah dijadikan terminal sehingga mengganggu arus lalu lintas dalam kota serta terlihat sedikit kumuh. (Verra WRC/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *