Penangkapan Terduga Teroris Oleh Densus 88 Polda Jatim

Sidoarjo (Jatim), BINPERS.COM – Pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2017 pukul 07.45 WIB di Jl. Raya depan Pom Bensin Sumorame Kec Candi Sidoarjo telah diamankan seorang terduga teroris an. Paripung Dhani Pansadi Dsn. Tuwoworejo RT12 RW 04 Surabaya Kapas Madya Tambaksari Surabaya oleh Densus 88 ATT Polda Jatim yang dipimpin KOMPOL TOTO.

Identitas terduga teroris sbb :
Nama : Paripung Dhani Pansadi.
Tempat Tgl Lahir : Surabaya 31 Oktober 1982.
Pekerjaan : Swasta
Alamat kontrakan Perum Tanggulangin Asri Blok QQ – 6 Ds Kalitengah Kec Tanggulangin Sidoarjo.
Alamat KTP : Tuwoworejo 6/27 RT 12 RW 04 Kapas Madya Kec Tambaksari Surabaya.
Nama Orang Tua : Soelchan Moehery (Almarhum) dan Misiyati (Almarhum)
Nama Istri : Misna Farida Widiastuti (Sby, 31-08-1983).
Nama anak :
1. Naufayl Abdullah (Sby, 01-05-2008)
2. Hashifa Zahidah (Sby, 04-06-2010)
3. Amru Abdullah (Sby, 07-03-2014)

Barang bukti berupa sepeda motor Honda Supra Fit No. Pol :W-5258-RH dan 18 Box roti diamankan (dititipkan) oleh Densus 88 ATT ke Polsek Tanggulangin, sedangkan tersangka dibawa oleh Tim Densus 88 Polda Jatim.

Kronologis :
1. Pada pukul 07.45 Wib Sdr. Paripungdani sedang mengirim roti kepada para pelanggan, pada saat diperjalaan kendaraannya dipotong oleh team Densus 88 di Pimpin Kompol Toto dengan menggunakan kendaraan Toyota Inova warna putih dan R2 Tkp depan SPBU Sumorame.

2. Setelah diamankan Sdr. Paripung Dhani Pansadi dibawa kedalam mobil selanjutnya team Densus 88 berhenti di Rumah Makan Lumbung Raos Candi kemudian ke Polsek Tanggulangin dan melanjutkan ke Mako Polda Jatim guna dilakukan pemeriksaan.

3. Menurut keterangan team Densus 88 ATT, Sdr. Paripung Dhani Pansadi pada tahun 2015 berencana akan meledakkan Polsek Wonocolo, Dolly Surabaya dll.

4. Barang bukti yang diamankan di Polsek Tanggulangin milik Sdr. Paripungdani yaitu sepeda motor Honda Supra Fit warna hitam Nopol W-5258-RH dan 18 (delapan belas) box keranjang plastik yang berisikan roti.

Pukul 14.08 Wib team Densus 88 yang dipimpin Kombespol Iwan Kristianto, SH, MH,S.I.K (Kasatgas Wilayah Jawa Timur) bersama Polresta Sidoarjo yang dipimpin Kapolsek Tanggulangin melakukan penggeledahan rumah pelaku dengan didampingi Ketua RT. 01 Sdr. Efendi dan Ketua RW. 06 Sdr. Alfian.
Dalam penggeledahan tersebut diamanakan barang bukti berupa :
1. Satu buah parang
2. Busur panah dua buah
3. Anak panah sebanyak 3 buah
4. Buku Pasport
5. Buku dengan judul Surga dan Bidadari “Oh Indahnya”.

Pukul 15.15 Wib penggeledahan telah selesai dilaksanakan selanjutnya barang bukti diamanakan team Inafis Polresta Sidoarjo dan untuk penyerahan sita barangbukti sepeda motor Supra Fit berikut roti yang dimasukkan kedalam box tas plastik dikembalikan kepada istri pelaku yang didampingi tokoh masyarakat setempat (Bapak RT dan RW), selama pengamanan dan penggeledahan dilokasi Perum Tanggulangin Asri Blok QQ No. 06 berjalan dengan kondusif.

Catatan :
Analisa :
1. Diamankannya Sdr. Paripung Dhani Pansadi yang beralamatkan Perum Tanggulangin Asri Blok QQ No. 06 di depan SPBU Sukorame Candi merupakan hasil pencarian team Densus 88 dengan permasalahan tahun 2015 yang be rencana melakukan peledakan Polsek Wonocolo, Lokalisasi Dolly Surabaya, dan sebagai kurir /pensuplay Bahan Kimia yang akan dikirim ke Poso.
2. Tersangka Sdr. Paripung Dhani Pansadi merupakan warga Surabaya namun diwilayah Tanggulangin bekerja sebagai penjual Roti basah dan kontrak di Perum Tanggulangin Asri Blok QQ – 6 Kec. Tanggulangin Sidoarjo sehingga warga banyak yang tidak percaya karena pelaku dapat bersosialisasi walaupun lokasi rumah tertutup dengan spanduk dan pagar tembok.
3. Dalam keseharian Sdr. Paripung Dhani Pansadi melakukan aktifitas berjualan roti keliling yang dititipkan ke warung – warung sehingga dapat mengetahui situasi di sekitar wilayah Kab Sidoarjo.
4. Paripung Dhani Pansadi merupakan santri Masjid TNI – AL Ds. Sugiwaras Candi Sidoarjo.
5. Dengan diamankannya pelaku oleh team Densus 88 di wilayah Kab Sidoarjo perlu adanya giat deteksi dini guna antisipasi jelang Perayaan Natal dan tahun baru 2018.

Prediksi :
1. Tersangka Sdr. Paripung Dhani Pansadi yang diamankan oleh Densus 88 ATT dimungkinkan tidak sendirian tinggal di wilayah Kab Sidoarjo namun ada pihak lain yang masih belum terdeksi oleh Densus 88 ATT.
2. Dimungkinkan dilakukan antisipasi pada lokasi yang dianggap rawan khususnya Mako Polri, Mall, Toko Emas, Gereja dan lainnya yang dianggap rawan terjadinya aksi peledakan bom serta tindak pidana lainnya.

Tindakan yang dilakukan :
1. Mengamankan titipan barang bukti dari Densus 88 ATT berupa sepeda motor Honda Supra Fit No Pol W – 5258-RH dan 18 Box roti.
2. Monitoring perkembangan pasca penangkapan oleh Densus 88 ATT.
3. Mendatangi TKP dan mendampingi Team Densus 88 melakukan penggeledahan rumah.
4. Mendata barang bukti yang diamankan.
5. Membuat Laporan.

Rekomendasi :
1. Polsek Tanggulangin melakukan pengamanan dan pengawasan disekitar tempat tinggal tersangka Sdr. Paripung Dhani Pansadi di Perum Tanggulangin Asri Ds. Kalitengah Kec Tanggulangin Sidoarjo.
2. Bhabinkamtibmas Polsek Tanggulangin memberikan himbauan kamtibmas kepada warga sekitar agar setiap orang yang datang dan tinggal dilingkungan untuk melaporkan kepada Ketua RT setempat.
3. Perlu dilakukan pengamanan dan antisipasi pada lokasi yang dianggap rawan khususnya Mako Polri, Mall, Toko Emas, Gereja serta obyek vital lainnya yang dianggap rawan terjadinya aksi peledakan bom serta tindak pidana lainnya. (Ida)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *