Mantan Jaksa Agung Basrief Arief Dukung “SB” Muara Enim

Mantan Jaksa Agung Basrief Arief

Sumsel, BINPERS.COM – Basrief Arief merupakan salah seorang tokoh nasional yang dilahirkan di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, 23 Januari 1947 adalah Jaksa Agung yang mulai menjabat pada tanggal 26 November 2010 hingga 20 Oktober 2014.

Basrief Arief adalah anak dari pasangan Bagindo Bachtiar Arief dan Siti Aminah, orang Minangkabau yang berasal dari Padang Pariaman yang merantau ke Muara Enim, Sumatera Selatan. Ia adalah anak pertama dari sepuluh orang bersaudara. Ayah Basrief merupakan salah satu pejabat di PN Tambang Arang Bukit Asam sampai dengan wafatnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengangkat Basrief Arief sebagai pengganti Jaksa Agung Hendarman Supandji yang telah habis masa jabatannya. Nama Basrief Arief banyak disebut-sebut sejak tahun 2000 ketika ia menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Kejaksaan Agung, yang kemudian juga berkembang seiring jabatannya Jaksa Agung Muda Intelijen. Dalam jabatan tersebut, Basrief pernah menjadi Ketua Tim Terpadu Pencari Terpidana dan Tersangka Perkara Tindak Pidana Korupsi, atau lebih populer disebut Tim Pemburu Koruptor.

Beberapa waktu lalu mengeluarkan komentarnya bahwa dirinya siap mendukung program dan kinerja Dr Ir H Syamsul Bahri MM atau (SB) yang mencalonkan diri sebagai Bupati Muara Enim mengantikan Mujakir Sai Sohar.

Menurut Basrief, SB sosok pribadi pemimpin sederhana, dekat dengan siapa saja. Lanjutnya, SB sosok pemimpin yang di inginkan masyarakat. “SB memiliki jaringan dan wawasan yang luas dekat dengan masyarakat karena itu, dia memahami betul kehidupan masyarakat dan dia selalu turun ke masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, SB memiiki peluang besar sebagai calon bupati Muara Enim periode 2018-2023 mendatang hal ini sesuai dengan hasil lembaga survei yang telah merilis 35 persen jauh meninggalkan saingannya yakni, Yaitu Komarudin Djinab (mengambil formulir sebagai calon bupati), H.Syamsul Bahri (bupati), H.Ahmad Yani (bupati), M. Thamrin AZ (bupati), Deki Arianto (bupati), Ganef Asmara.Nl.SH (wakil bupati), H. Fajeri Erham (wakil bupati), Hj. Shinta Paramita Muzakir (bupati), Eka Octa, SH.MH.Mkn (wakil bupati), AM. Musadeq (wakil bupati) H. Nurul Aman (bupati), Eko Suprianto (wakil bupati), Ersangkut (bupati), Aries HB (bupati), Adriansyah (wakil bupati), H. Hanan Zulkarnaen (bupati), Ustad Syuryadi (bupati), A. Desi Puspa Asni, S.H

Menurut Basrief, sebagai birokrasi ulung dalam pembangunan kepala PU Bina Marga maupun program SB semasa menjabat sebagai kepala PU Pengairan Sumsel, selama ini tampak sejumlah terobosan di lapangan dalam rangka menyukseskan program di Sumatera Selatan. Sejumlah pihak menyebut SB telah bekerja dengan baik, dan bukan hanya dalam slogan teori atau retorika.

Dr. Ir. H. Syamsul Bahri, MM kelahiran palembang, 01 desember 1959 dari pasangan H. Bachtiar Majid Kelahiran jejawi (OKI) sedangkan Ibu Hj. Ningdep kelahiran Muara Enim, adalah seorang birokrat yang telah mengabdikan diri selama 36 tahun di sumatera selatan, lulusan S3 yang meraih gelar Doktor dan bekerja menjadi pelayan masyarakat (PNS) dengan pangkat tertinggi saat ini sebagai pembina Utama Madya Syamsul Bahri mengatakan bahwa dia hanya ingin maju sebagai calon Bupati Muara Enim. Dia menolak jika diajukan sebagai calon wakil bupati.

Wartawan media ini langsung mengonfirmasi kepada SB. “ Ya benar, beliau mendukung saya maju pada pilkada 2018, “Insya Allah, namun saya kan punya atasan yang paling saya hormati. Tentunya semua langkah dan tindakan yang akan saya lakukan, semuanya harus mendapat izin dan restu dari atasan dan semua tokoh baik lokal maupun nasional. Kalau semua tokoh dan masyarakat bersatu pasti akan kuat dan yang paling penting atasan saya merestui dan memberikan izin tentunya amanah itu saya laksanakan,” ujar SB tersenyum.

Putra dareah Muara Enim ini, bertekad untuk pengabdian di Bumi Serasan Sekundang tidak mematahkan semangat atau ciut sebagai kandidat bupati. Bagi SB Kabupaten Muara Enim adalah tempat yang tepat bagi dirinya untuk pengabdian diri membangun Muara Enim lebih maju.

“Pengabdian itu dimana saya, tidak mesti dibirokrasi, Muara Enim ini dek kampung saya. Sudah saatnya saya berbuat mengabdikan diri bagi rakyat Muara Enim untuk membangun kampung saya sendiri,” katanya.

Tentunya, jika mendapatkan izin dan restu dari pimpinan, pengabdian yang saya lakukan sesuai dengan tufoksi saya dibidang infrastruktur. “Karena saya orang Bina Marga, tentunya bidang infrastruktur secara luas yang menjadi fokus saya disamping dibidang lainnya,” jelasnya.

Interaksi tugas bersama masyarakat lambat laun membuat timbul keterpanggilan SB. Hati kecilnya tergerak untuk bisa membantu masyarakat secara luas, bukan hanya sebatas di bidang infrastruktur. Tapi di segala sektor.

“Terpanggil. Saya orang lapangan sering merasakan sendiri campur tangan pemerintah tidak hadir ketika masyarakat merasakan masalah. Saya ingin menghadirkan pemerintah ke tengah masyarakat. Apalagi untuk membangun daerah tidak bisa mengandalkan dana APBD saja, tetapi kita harus melakukan lobi lobi kepada pemerintah pusat untuk menarik anggaran APBN,” kata SB.

Selain itu SB telah menyiapkan 19 program yang akan dia tawarkan kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim. Diantaranya Muara Enim menjadi daerah Lumbung Pangan biaya, pendidikan dan kesehatan gratis. Dia juga berjanji akan memberikan insentif bagi RT dan RW jika kelak terpilih.

Bahkan dengan tegas, SB berjanji, kalau masyarakat Muaraenim menghendaki dirinya akan maju di Pilkada Muaraenim, merupakan suatu amanah yang besar bagi dirinya. “Menjadi seorang pemimpin, baik Gubernur, Bupati dan Walikota itu harus amanah. Seorang pemimpin harus bisa menyelesaikan apa yang dibutuhkan masyarakat secepat mungkin. Artinya seorang pemimpin harus bertindak cepat, bergerak cepat dan punya tujuan yang jelas. Muaraenim sudah bagus pembangunannya. Saya terus mengimbau agar masyarakat Muaraenim terus mendukung bupati sekarang dalam memajukan dan membangun Muaraenim. Terima kasih atas dukungan yang terus diberikan pada saya untuk maju di Pemilukada Muara Enim mendatang. Pada saatnya nanti, saya akan menentukan sikap untuk menjawab keinginan masyarakat ini,” kata lelaki yang hobi melantunkan pantun ini.

Sementara itu Komunitas King Club Tanjung Enim (KCTE) menyatakan siap mengawal dan memenangkan DR Ir H Syamsul Bahri, MM menuju Muaraenim 1 dalam Pemilukada yang akan digelar 2018.

Tekad bulat yang dikemukakan KCTE bukan tanpa alasan. Melihat rekam jejak selama puluhan tahun bertugas sebagai birokrat, visi dan misi yang jelas untuk memajukan Muaraenim ke depan, menjadi alasan utama KCTE untuk mendukung pria yang sekarang menjabat Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan maju di Pilkada Muaraenim yang akan digelar Juni 2018.

“Jauh sebelum pilkada digelar, kami dari komunitas KCTE sudah mengamati dan melihat langsung di lapangan bahwa masyarakat Muaraenim menginginkan sosok pemimpin mendatang yang tidak banyak janji-janji. Di bawah naungan Yayasan Syamsul Bahri Gemilang (SB Gemilang), Dr IrH.Syamsul Bahri, MM sudah berkiprah dengan melakukan aksi-aksi sosial di masyarakat Muaraenim, baik dalam bidang kemanusiaan, pendidikan, dan keagamaan. Ini yang tidak dilakukan calon lainnya. Kalau calon lainnya mau turun hanya menjelang pilkada akan digelar, tapi Syamsul Bahri tidak demikian,” kata Beni, Ketua KMPC Muaraenim ketika menerima ratusan helm keselamatan berlalu lintas dari Yayasan SB Gemilang di Kecamatan Lawang Kidul beberapa waktu lalu.

“Muaraenim kedepan sangat membutuhkan seorang pemimpin yang memiliki keahlian dalam mengatasi permasalahan krusial yang dibutuhkan masyarakat, seperti jalan rusak, tenaga kerja yang kurang, transportasi antar desa yang kurang, penataan kota dan masih banyak lagi yang lainnya. Butuh seorang pemimpin yang punya pengalaman dan mengerti akan kehendak masyarakat serta tidak banyak janji-janji saja. Syamsul Bahri mempunyai jaringan yang kuat di tingkat nasional dan internasional. Ini sangat berguna untuk menarik investor yang akan menanamkan investasinya di Muara Enim sehingga akan membuka lapangan kerja,” tandas Cemek dengan mengajak komunitasnya menyerukan siap pasang badan untuk Syamsul Bahri.

Dikatakannya, Syamsul Bahri telah banyak berbuat di masyarakat. “Tekad kami satu, siap mengawal dan mengantarkan Syamsul Bahri menuju Muara Enim Terdepan,” tandas Cemek yang disambut tepuk tangan beserta komunitasnya. (maspri)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment