Jemaah Umroh PT. SBL Resah, Akibat Penundaan Yang Tidak Jelas

Bandung – BN, Penundaan jadwal pemberangkatan Umroh PT. Solusi Balad Lumampah (SBL) menyulut keresahan para jemaahnya yang sudah dipastikan akan diberangkatkan pada Desember 2017 ini. Para Jamaah merasa khawatir karena penundaan ini dilakukan secara mendadak dan tanpa keterangan yang jelas.

Menanggapi hal itu, Pihak PT. SBL pun segera membuat Reschedule (Penjadwalan ulang) terhadap jadwal pemberangkatan tersebut, namun isi pemberitahuan yang disebarkan melalui media WhatsApp (WA) itu malah membuat para Jamaah semakin khawatir.

Betapa tidak, dalam pemberitahuan tersebut, PT. SBL terkesan seperti menyalahkan pihak Arab Saudi yang kurang siap menyediakan Fasilitas serta SDM nya dalam memenuhi standarisasi pelayananan Umroh.

Alasan yang sangat lucu dan tidak masuk akal !!! Bagaimana mungkin Arab Saudi yang sudah mengurusi Haji dan Umroh sejak perintah Haji ini ada bisa seceroboh itu ?

Masalah ketidakjelasan tentang pemberangkatan Jamaah Umroh di PT. SBL ini langsung mendapatkan reaksi keras dari Dewan Kehormatan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (AMPHURI).

AMPHURI langsung mencabut keanggotaan PT. SBL melalui Surat Keputusan no.KEP.01/DK-AMPHURI/XII/2017. Keputusan AMPHURI tersebut tentu saja menjadi pukulan yang berat bagi PT. SBL karena akan semakin menambah eksistansinya sebagai penyelenggara Umroh di Indonesia pencitraannya semakin negatif.

Hingga berita ini di terbitkan, tim Investigasi masih menggali informasi untuk mencari pembenarannya serta sebagai bahan pemberitaan yang seimbang. (TIM)

Baca : Pemilik PT. SBL Ditetapkan Jadi Tersangka Atas Tuduhan Penipuan Terhadap Puluhan Ribu Jemaah Umroh

16 tanggapan untuk “Jemaah Umroh PT. SBL Resah, Akibat Penundaan Yang Tidak Jelas

  • 28 Desember 2017 pada 07:57
    Permalink

    Maksud fasilitas dan SDM di saudi : itu diperuntukkan team SBL sendiri di saudi bukan untuk pemerintah saudi
    Kalo bikin berita yg bagus jangan asal berita yg seakan2 menyudutkan biro… ini pasti berita bayaran

    Balas
  • 28 Desember 2017 pada 08:02
    Permalink

    Amphuri itu asosiasi yg harusnya saling bantu sesama anggota bukan asal tendang terus gunanya amphuri apa kalo tdk bisa saling bantu
    SBL tdk masuk amphuri tetap jalan dan exsis
    Karena umur anngota diamphuri baru sebulan langsung ditendang terus surat keputusannya juga langsung tersebar kemana2 ini menunjukkan di amphuri saling menjatuhkan karena surat keputusan langsung beredar di medsos .. trus siapa yg ngeshare kali bukan dari dalam….

    Balas
  • 6 Januari 2018 pada 17:27
    Permalink

    saya skluarga (4 orang) juga mengalami hal sama. kami mendaftar dari bulan mei 2017 untuk kbrangkatan 31 desember 2017. tanggal 20 desember orang tua saya datang ke jakarta, untuk persiapan kberangkatan. baru saya jemput di bandara, kami mendapat sms dari SBL menyatakan keberangkatan ditunda kmungkinan sampai bulan februari 2018. sontak orang tua saya kaget, sudah sampai jakarta buat umroh malah batal.

    setelah itu kami meminta keterangan dari pihak sbl. jawabannya dan alasannya susah untuk diterima. hotel di saudi overcapacity katanya. ok, kami mengerti itu bisa diterima bila kami daftar umroh ini mendadak di bulan yang sama dengan kberangkatan. tapi nyatanya kamj sudah membayar lunas semua biaya sejak bulan mei.

    selanjutnya ditawarkan alternatif lain yaitu refund. biaya yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada jamaah. kami hendak mengambil langkah ini karena penundaan yang tidak jelas kapan pastinya bisa berangkat. informasi berikutnya menyatakan bahwa refund dikenai biaya adm sebesar 2.5 juta per jamaah. total untuk refund sekeluarga berati kena potongan 10 jta rupiah. ini jumlah yang tidak sedikit untuk kami. kami faham bila refund yang dilakukan murni atas kesadaran kami sendiri sebelum waktu yang disepakti memang akan kena potongan, tapi kami tidak habis pikir jika kesalahan ada pada pihak SBL kami tetap harus menanggung potongan2 semacam itu. dan itu juga masih kmi pertanyakan, adm 2.5jta sepertinya bukan termasuk visa, karena dengan kondisi keberangkatan yang belum jelas visa berarti blm diurus. biaya koper dan barang2 umroh yg telab diterima? kami yakin nilainya tidak sampai 2.5 jta, dan barang2 itu masih bisa kami kembalikan. informasi terakhir, itu include fee marketing? kami makin bingung, ini kaami yang dirugikan kenapa harus menanggung fee marketing segala.

    belum lagi untuk pengurusan refund ketika kami tanya langsung ke kepala cabang di jakarta, ternyata pengurusan tidak bisa diwakilkan dan kami harus ke bandung. Duh, ke bandung itu bukan seperti ke alfamart deket rumah!!!

    kami sangat2 kecewa dengan kualitas pelayanan SBL.

    Balas
  • 8 Januari 2018 pada 16:28
    Permalink

    saya dari Surabaya skluarga (4 orang) juga mengalami hal sama. kami mendaftar dari Febr 2017 dan pelunasan bulan Mei 2017 untuk kbrangkatan 25 Desember 2017 yang mundur tgl 30 Des 2017. Seminggu sblum berangkat dapat telp dr SBL Cab Malang jadwal mundur lagi tgl 2 Jan 2018. Kami sudah sangat kecewa saat itu, eeeh ….. setellah itu mundur lagi dan sampai saat ini belum ada kepastian jadwal keberangkatan.

    Kami meminta keterangan dari pihak sbl. jawabannya dan alasannya susah untuk diterima. hotel di saudi overcapacity katanya. ok, kami mengerti itu bisa diterima bila kami daftar umroh ini mendadak di bulan yang sama dengan kberangkatan. tapi nyatanya kamj sudah membayar lunas semua biaya sejak bulan Mei 2017.
    kami akan mengambil langkah untuk refund saja, apakah harus ke Bandung ? Wah … ke Bandung butuh waktu dan biaya belum mengganggu waktu kerja. PT SBL sungguh mengecewakan !!!

    Balas
  • 9 Januari 2018 pada 21:16
    Permalink

    Saya dan suami juga mengalami hal yang sama, saya daftar dan bayar dibulan april 2017, dengan tgl keberangkatan yg tertera di bilyet tgl 26 des 2017, namun di awal bulan des 2017 saya dpt tlp dr ktr pusatnya bahwa jadwal kami berubah jd tgl 21 des 2017 dan berujung H-1 saya dpt sms reschedule dgn alasan over capacity hotel katanya dan pastinya atas kejadian ini kami kecewa main seenaknya aja rubah2 jadwal H-1 dan sampai detik ini kami belum dapat konfirmasi apa2 lagi. Menurut saya masalah disini bukan over capacity hotel or mutowif dan team handling yg kurang tp management yg over pede merekrut banyak jamaah tp belum mampu memanage keberangkatan, atau bisa jadi harga yang ditawarkan tidak sesuai budget sehingga cashflow defisit….ya pokoknya apalah itu yang pasti kami kecewa dan malu….ditambah kami baca beberapa pemberitaan sbl sesudah kejadian ini yang kaurang enak dibaca, tambah kami khawatir dan bertanya2 kapan kami berangkat, kami berharap segera dapat berangkat sesuai komitmen pelayanan yang dijanjkan. Kalau direfund jelas2 tidak mau apalagi klo hatus dipotong biaya lain2 jelas2 rugi lah berangkat engga uang berkurang…jadi tolong secepatnya kami dikabarkan…nama baik dan kepercayaan ga gampang dan sangat disayangkan atas kejadian ini…

    Balas
  • 17 Januari 2018 pada 16:53
    Permalink

    Ibu saya mengalami hal yang sama, dijanjikan berangkat tanggal 28 desember hingga kini belum ada kejelasan. terus mengalami penundaan yang awalnya tanggal 30 desember, kemudian tanggal 2 januari, kemudian tanggal 15 januari, kemudian tanggal 21 januari dan kabarnya tanggal 28 januari. Saya masih menunggu, hanya saja dengan seperti ini saya jelas sangat kecewa.

    Balas
  • 20 Januari 2018 pada 14:42
    Permalink

    Jama’ah saya daftar dan bayar lunas bln mei 2017 paket eksekutif 9 hari .untuk keberangkatan desember.namun tiba” ada berita dari SBL jika direscedul dan sampai detik ini msh blm adanya kejelasan kpn jadwal keberangkatan umrohnysa
    Kami beban moral krn kamilah yg mengajaknya untuk umroh bersama SBL
    Yg jls kami kecewa dgn travel SBL

    Balas
  • 22 Januari 2018 pada 07:34
    Permalink

    orangtua saya juga mengalami kejadian yg sama persis, dijanjikan berangkat sekitar akhir desember 2017.. sebagai kasus seperti ini dibawa saja ke ramah hukum agar tidak menimbulkan kerugian bagi pihak lain lebih jauh lagi….

    Balas
  • 23 Januari 2018 pada 11:37
    Permalink

    sy sangat khawatir dg jadwal yg blm pasti kpn berangkatnya , dan sy sangat malu dg klrg ats tertundanya keberangkattan dg travel yg berkelas tp tdk berkomitmen.

    Balas
  • 27 Januari 2018 pada 17:05
    Permalink

    Orang tua sy jg mendapatkan informasi katanya tgl 28-29 berangkat sdh sewa mobil masak makanan banyak tiba2 hari ini dibatalkan dengan alasan visa blm dpt stempel dr arab saudi,semua bukti masih sy simpan

    Balas
  • 28 Januari 2018 pada 21:44
    Permalink

    Ibu dan bapak saya di solo juga mengalami hal yang saman, ibu dan bapak saya mendaftar umroh lewat biro sbl pada november 2017 lunas dengan biaya 45jt. di fikiran kami biaya itu sudah memenuhi standar dari Kementrian Agama (minim 20jt/jamaah) jadi tidak ada curiga sedikitpun tentang penipuan jamaah umroh akibat dari biaya murah, namun kini ibu dan bapak saya pasti resah dan khawatir terhadap penundaan keberangkatan, dan hal itu pasti berdampak pada lingkungan di sekitar keluarga kami.

    pada awalnya pemberangkatan akan dilaksanakan pada 26 desember 2017, ternyata menjelang pemberangkatan pada tgl 20 desember 2017 mendapat pesan dari sbl pusat yang menyatakan penundaan, pemberangkatan di reschedule di bulan januari, dengan alasan yang sama seperti di artikel ini, hotel over capasity. setelah di tanyakan ke cabang untuk meminta kepastian mendapat kabar pemberangkatan pada 22 januari 2018, menjelang pemberangkatan pada 20 januari 2018 mendapat pesan bahwa pemberangkatan ditunda lagi ke tanggal 28 januari 2018 yang akan diberangkatkan bersama jamaah dari Bekasi, dalam pesan itu ibu dan bapak saya hendang diberangkatkan dari bandara adi sumarmo (solo) menuju ke bandara soekarno hatta (jakarta) lalu langsung ke jedah. namun H-1 (27 januari) ibu saya mendapat pesan lagi yang isinya para jamaah mendapat reschedule supaya tidak ke bandara dikarenakan visa belum selesai, yg nanti akan di infokan lewat tlp/sms.

    sudah 3x ibu dan bapak saya di tuda-tuda keberangkatannya (26 des 2017, 22 jan 2018, 28 jan 2018) tanpa kepastian, mendadak dan alasannya memang terkesan mengada-ngada.

    mengingat dari pernyataan dirut sbl pusat H. anom juang wibowo pada :

    https://elshinta.com/news/132813/2018/01/10/gagal-berangkatkan-jamaah-umroh-dirut-sbl-minta-maaf

    yg salah satu isinya :
    “Terkait dengan keterlambatan pemberangkatan pada bulan Desember 2017, hal tersebut karena high session atau membludaknya pendaftar, sehingga dilakukan penjadwalan ulang di tahun 2018 ini.

    Aom menambahkan SBL sudah mempersiapkan 54 penerbangan untuk tahun 2018 ini, sehingga bisa dikatakan umroh akbar. Jamaah akan diberangkatkan tanggal 14-15 Januari 2018, 21-22 januari 2018, 28-29 Januari 2018 atau setiap hari Minggu dan Senin.”

    dan hari ini 28 januari dimana tulisan ini saya buat, ibu dan bapak saya belum juga diberangkatkan, pernyataan itu ternyata tidak dapat dipegang, lalu bagaimana kepercayaan dengan sbl? adakan yang masih bisa kami percaya?

    saya mengharap pihak SBL ada yang membaca tulisan ini dan segera memberi “KEPASTIAN”, tolong segera memberangkatkan bapak dan ibu saya dan para jamaah yang masih tertunda supaya SBL tetap terpercaya dan kredibel. amiin.

    jika tidak kembalikan biaya yang telah kami keluarkan 100% tanpa potongan sepeserpun. terimakasih.

    Balas
  • 30 Januari 2018 pada 10:44
    Permalink

    Saya dan keluarga ( 6 orang ) umroh ikut SBL…Nggak ada masalah tu.. Sbl bagus pelayanannya..luar biasa..kalau terjadi penundan krena alasan yg jelas, apa mau dipaksain berangkat..sabar deh ..wong mau ibadah…

    Balas
  • Pingback:Pemilik PT. SBL Ditetapkan Jadi Tersangka Atas Tuduhan Penipuan Terhadap Puluhan RibuJemaah Umroh | BINPERS

  • 30 Januari 2018 pada 17:04
    Permalink

    Saya juga dijanjikan berangkat tgl 29 jan tapi diundur lg. Pdhal sdh 1 bln dr jadwal awal tgl 27 des 2017.

    Balas
  • 30 Januari 2018 pada 18:32
    Permalink

    ya Allah, Kalau ini benar saya salah satu jamaah SBL, tolong berbagi kebenaran infonya dunk, biar kita tenang dan tidak salah info.

    Balas
  • 30 Januari 2018 pada 22:39
    Permalink

    Org tua sy jg mengalami hal yg sama, yaitu penundaan keberangkatan… Kami pasti sgt kecewa, krn di beritahu kurang dr 1 minggu, dan pihak kami pun saat ini masih menunggu. Kepala cabanya jg saat ini tdk bisa di hubungi, di telp atau wa tdk menjawab atau membalas…di kantor cabang jg cm bisa ketemu adminya yg jawabanya tdk jelas..ortu sy harusnya berangkat tgl 28 Jan 2018. Tolong SBL segera memberi kabar baik.. Ingat azab Allah itu nyata..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *