Coffee Morning, Kodim 1402 Polmas Bangun Sinergitas Dengan Insan Pers

Dandim 1402 Polmas, Letkol Arh. Dedi Setia Arianto didampingi Kasdim Mayor Inf. Hendrik

POLMAN, SULBAR ( BINPERS.COM) – Meski berbeda bidang, tetapi satu tujuan, yakni menjaga keutuhan NKRI, Pancasila dan UUD 1945. TNI memperkuat sistem Teretorial untuk menjaga keutuhan wilayah dalam bingkai NKRI sementara insan Pers sosial kontrol dan pengawal demokrasi juga ikut berperan aktif berkontribusi posistif terhadap kepentingan bangsa dan negara sehingga TNI dan Insan Pers sulit dipisahkan dan saling membutuhkan dan saling mendukung serta saling memperkuat khasanah kebehinekaan Tunggal Ika berazaskan pancasila dan UUD 1945. Hal itu, terungkap dalam Coffe Morning Dandim 1402 Polmas, Letkol Arh Dedi Setia Arianto dengan Insa Pers dari media Cetak, elektronik dan Online, Selasa (5/12-2017) di Makodim 1402 Polmas didampingi Kasdim 1402 Polmas, Mayor Inf.Hendrik KK dan Pasi intel Kapten Inf.Sumharbas sejumlah perawira dan Intel Kodim 1402 Polmas.

Dandim 1402 Polewali dan Mamasa ( Polmas), Letkol Arh, Dedi Setia Arianto dalam mengawali tugasnya sebagai Komandan Kodim 1402 Polmas, yang dilantik hari Jumat, tanggal 3 November 2017 di Mako Batalyon 721 / Makkasau, Benteng Kabupaten Pinrang provinsi Sulawesi Selatan bersama beberapa Dandim dalam jajaran Korem 142/ Taroada Tarogau (Tatag) menggantikan Letkol Kav. I Made Bagus Surah Putra, yang ditarik ke Mabes TNI AD dengan posisi sebagai Paban Madya SRENAD di Mabes TNI Angkatan Darat (AD) Jakarta.

Sementara Letkol Arh. Dedi Setia Arianto, merupakan lulusan AKMIL tahun 1999,yang awalnya bertugas di Arhanud Bandung kurang lebih 10 tahun ( 1999-2009) kemudian pindah ke Papua dari Papua kembali ke Cimahi dan tiga kali di Cimahi, Bandung lalu kemudian diberi amanah sebagai Danyon 16 Maleo Makassar selama 15 tahun dan tepatnya hari Jumat, tanggal 3 November 2017 diberi amanah untuk memimpin Kodim 1402 Polmas. Meski baginya merasa belum banyak pengalaman dimiliter tetapi berkat semangat dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Saptamarga sebagai prajurit sejati dan berbagai pengalaman penugasan dan jabatan pernah disandangnya mulai dari kawasan Barat Indonesia (Bandung) hingga dikawasan Timur Indonesia seperti Papua dan Ambon serta Makassar, Sulsel sehingga membuat dirinya makin matang dalam menata dan membina dalam meningkatkan sumber daya manusia dan keterampilan para prajurit saptamarga di jajaran Kodim 1402 Polmas utamanya menjaga kebersamaan seluruh elemen bangsa khususnya insan Pers di bumi Tipalayo dan kondosapata.

Dandim 1402 Polmas, Letkol Arh, Dedi Setia Arianto dengan pengalaman dimiliki, yakni dari Bandung ke Papua dan tiga kali ke Cimahi, Jawa Barat kemudian diberi amanah menjadi Danyon Arhanud 16 Maleo Makassar selama 15 tahun kemudian dimutasi ke Kodim 1402 Polmas sebagai Dandim sejak tanggal 3 November 2017.

Dengan berbagai penugasan yang penuh suka duka tentunya mampu diimplementasikan pada saat berada di Kodim 1402 Polmas, apalagi ditahun 2018 adalah merupakan tahun politik yang sangat dahsat dan pusaran politik bakal menjadi ancaman netralitas sebagai perajurit TNI yang taat pada janji Saptamarga sebagai perajurit sejati dan setia pada pimpinan tertinggi TNI. Tetapi bagi sosok Letkol Arh Dedi Setia Arianto, tidak terlalu sulit baginya dengan kehadiran kegiatan politik karena tetap berpedoman dan setia pada Saptamarga yang sudah mendarahdaging sejak mewakabkan dirinya sebagai Prajurit TNI dengan satu tekad bulat “ Setia Hingga Akhir”.

Alumni Akmil tahun 1999 ini, ketika silaturahmi dengan para Insan Pers, banyak menceritakan pengalaman suka dukanya dipasukan khususnya pada saat bertugas di Papua maupun di Bandung, Jabar dan Makassar, tetapi bukan berarti keluhan melainkan membentuk dirinya sebagai Prajurit sejati dan siap mengemban amanah demi kepentingan bangsa dan negara. Selain itu, beberapa rencana program diwilayah teretorial kodim 1402 Polmas, sehingga dalam mengemban amanah itu, tampaknya sangat membutuhkan teman, sahabat dan mitra dalam mengarungi perjalanan karir militernya diwilayah teretorial Kodim 1402 Polmas termasuk menguatkan kembali media center sebagai wadah koordinasi, konsultasi sekaligus silaturahmi antara Kodim 1402 Polmas dengan Insan Pekerja Pers, yang pernah dirintis dan digagas tiga Dandim sebelumnya. Letkol Arh Dedi Setia Arianto, memiliki tiga anak, anak pertama siswa SMPN 3 Polewali, anak kedua, murid SDN 066 Pekkabata dan ketiga di TK. (Andi Rasyid Mordani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *