Inilah Penyebab Pencairan Dana Desa Tahap II di Kab. Banggai Kepulauan Terhambat

BANGGAI KEPULAUAN (Sulteng), BINPERS.COM – Semua Desa di Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Banggai Kepulauan belum menyelesaikan program pembangunan infrastruktur. Selain itu masih adanya persoalan administrasi berat menjadi penghambat kelancaran pelaksanaan program Dana Desa di Kabupaten Banggai Kepulauan..

Karena Dana Desa (DD), maupun Alokasi Dana Desa (ADD) belum cair karena pihak desa lambat menyerahkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), PPN PPH, Laporan Realisasi Tahap 1 dan SPJ penggunaan anggaran pada tahap pertama. Serta masih terdapat kekeliruan dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan adanya ketidaksesuaian dalam perumusan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Saat ini pihak tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluarga Berencana Banggai Kepulauan, tengah lambat sekali berupaya melakukan pendampingan untuk menyelesaikan kendala tersebut.

“Untuk DD yang 40 persen memang belum cair karena Kabupaten Banggai Kepulauan belum di transfer, sejauh ini kami masih berkonsolidasi dengan seluruh desa, menyelesaikan laporan realisasi, kemudian kita kirim ke pusat,” terang Kepala Dispemas dan Desa, Muklis, Rabu (05/11/2017) Via saat dihubungi awak media via phonselnya.

Menurut dia, sesuai jadwal seharusnya sudah sejak awal bulan Agustus lalu Kementerian Keuangan melakukan transfer ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten Banggai kepulauan. Namun karena terkendala, menyebabkan pencairan dana tersebut menjadi terhambat dan dihawatirkan dapat berdampak pada pembangunan yang tidak sesuai dengan perencanaan didalam APBDes.

Sedangkan untuk permohonan pencairan ADD, pihaknya menerapkan agar desa bersangkutan terlebih dahulu menyelesaikan pelunasan kepengurusan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Untuk pencairan kita menerapkan pelunasan PBB. Kurang lebih saat ini belum ada desa di kecamatan yang belum mengajukan. Harapan kami agar desa-desa yang lain segera mengajukan,” pungkasnya. ( TIM )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *