122 Desa Belum Cairkan Dana Desa tahap II

Morowali ,BN – Sebanyak 122 desa dari total 122 desa di Kabupaten Morowali Utara dilaporkan belum mencairkan Dana Desa tahap II dari Pemerintah Pusat, Kamis (1/11). Total alokasi dana yang dikucurkan pada tahap satu dan dua yakni Rp 90.280.000.000.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Penataan Kerjasama dan Pembinaan Administrasi Pemerintahan Desa  Morowali Utara, Yang Alfred yang dihubungi melalui pesawat seluler, mengaku tidak mengetahui secara persis alasan kenapa belum satupun desa menyelesaikan LPJ ,SPJ dan  PPN PPH belum diselesaikan sampai lewat bulan November dan belum mikiirkannya dana desa tahap kedua tersebut sampai bulan November sekarang juga. Namun berkaca pada pengalaman sejauh ini, tidak ada dana desa yang tidak dicairkan sampai sekarang.

“Untuk tahap dua semua desa belum cair sama sekali. Belum satu desa pun yang cair dana desa tahap 2 . Ini laporan terakhir ada tambahan belum ada satu desa pun yang mengajukan hal tersebut,” ujarnya.

Adapun syarat pencairan dana desa tahap kedua tersebut, yakni belum satu desa pun dari 122 desa belum sama sekali menyelesaikan Surat Pertanggungjawban (SPj) dana desa tahap pertama ,LPJ ( Laporan Pertanggungan jabatan , PPN PPH dan Laporan Realisasi Tahap 1. Terkait pencairan dana desa tahap pertama, menurut Yan Alfred, seluruhnya belum selesai.

“Untuk tahap dua kali ini, hampir terlihat  semua desa belum mencairkan sama sekali ada di Kecamatan Mori Atas ,Kecamatan Lemboroma/Betheleme. Kecamatan lainnya belum ada,” ungkapnya.

Pencairan dana desa tahap dua tersebut, ditargetkan kelar pada penghujung tahun. Apabila belum mencairkan, maka dana dikembalikan ke Kas Daerah (Kasda). “Tapi pengalaman tahun lalu, semua mencairkan. Hanya saja, seringnya mepet-mepet,” tandasnya.

Yan Alfred menambahkan, rata-rata penggunaan dana desa tahun 2017 hanya diperuntukkan pekerjaan fisik aja tanpa adanya Pemberdayaan Masyarakat Desa sama sekali untuk  hanya pembangunan infrastruktur. Total dana desa yang digelontorkan pusat pada tahun ini, Rp 90.280.000.000.

Dalam Aturannya tidak sesuai Permendes 7 tahun 2017 yang sudah jelas jelas diperuntukkannya dan juga sesuai Menteri PDTT Eko Putro menjelaskan bahwa 4 Prioritas untuk mendapatkan Dana Desa 2018 tersebut, ternyata dikabupaten Morowali Utara bahwa desa desa tersebut tidak sesuai Pengunaannya dan Penyerapannya dan Evaluasinya Inn dan Out dari  Semua Desa dan tidak sesuai dengan Permendes tersebut diatas dan semua desa hanya diperuntukan infrastruktur saja tanpa program pemberdayaan masyarakat desa tidak ada sama sekali dimanfaatkan. (TIM )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *