SUKSES…! 386 Peserta UN Paket B Dan C Kota Bitung Berbasis Komputer Berjalan Lancar

Foto bersama panitia penyelenggara ujian kesetaraan paket B dan C PKBM dan SKB beserta Tim Diknas kota Bitung dan wartawan

BITUNG ( Sulutgo ), binpers.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) serentak dilaksanakan di seluruh indonesia di tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Demikian pula yang berlangsung di kota Bitung untuk pelaksanaan ujian nasional kesetaraan paket B dan Paket C IPA dan Paket C IPS tahap II tahun 2017 berlokasi di SMK NEGERI 5 Bitung dan SMK NEGERI 2 Bitung dengan jumlah peserta Paket B 109 laki -laki dan 42 perempuan, serta Paket C IPA 75 laki -laki dan 33 perempuan, dan Paket C IPS 70 laki -laki dan 57 perempuan, jadi total peserta keseluruhannya sebanyak 386 peserta di kota Bitung akan mengikuti ujian pendidikan paket B setingkat SMP dan paket C setingkat SMA.

Foto: Peserta pendidikan kesetaraan paket B dan C mengikuti ujian di SMK Negeri 5 kota Bitung

Menurut pihak penyelenggara ujian kesetaraan paket B dan C yang disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan ( DIKBUD ) kota bitung Julius Ondang SPd. MSi melalui Kabid PAUD / TK Dra. B. F. Wike Lumaja, MAP, menurutnya pendidikan kesetaraan meliputi program Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA di mana pada dasarnya panitia penyelenggara untuk kota bitung ada 3 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) yaitu PKBM ANUGERAH, PKBM SHALOOM, PKBM BETS dan Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB ) sebagai penyelenggara.

“Untuk tahun 2017 telah memberikan satu kesan yang baik untuk kami sebagai penyelenggara dalam ujian pendidikan kesetaraan paket C dan paket B sudah semakin baik oleh karena pemerintah memberikan satu kesempatan buat anak -anak bangsa yang telah putus sekolah agar supaya bisa setara dengan yang memiliki ijazah formal, karena tahun 2006 ada kesepakatan antara Kementeriaan pendidikan nasional dan kementerian hukum dan ham di keluarkanlah peraturan hak elegibilitas kepemilikan kesetaraan antara pemegang ijazah formal dan ijazah non formal, serta kiranya bagi peserta yang sudah lulus pendidikan kesetaraan paket C jangan hanya berhenti sampai di situ karena sekarang hak elegibilitas yang di keluarkan oleh pemerintah pusat antara kerjasama ke dua kementeriaan akan memberikan kesempatan kepada pemegang ijazah pendidikan kesetaraan paket C berhak melanjutkan keperguruan negeri maupun swasta di seluruh indonesia,” ucap wike

Ditambahakannya, untuk itu pihaknya berterima kasih banyak kepada pemerintah kota baik walikota dan wakil walikota serta sekretaris kota dan lebih khususnya kepala dinas pendidikan kota bitung untuk tahun ini dipercayakan sebagai penyelenggara PKBM Anugerah sebagai Penanggungjawab, karena kebetulan PKBM Anugerah salah satu PKBM -PKBM yang ada di Bitung baru PKBM Anugerah yang terakreditasi.

“Jadi PKBM yang lain itu bergabung dengan pkbm anugerah dan harapan kami sebagai Penanggungjawab di bidang Paud NF,kami sudah berkoordinasi dengan pkbm penyelenggara yang lainnya untuk tahun depan mereka untuk mempersiapkan mengikuti akreditasi lembaga,” tutupnya

Salah satu peserta pendidikan kesetaraan paket C IPA Fenny. P. Maalangga yang sempat ditemui menyampaikan, ” Dengan adanya program ini telah membantu kami yang telah putus sekolah dan kami sangat bersyukur dapat ikut ujian serta bisa mendapatkan ijazah paket B dan paket C,” ucapnya.

Dia berharap, “Kegagalan-kegagalan yang lalu bisa menjadi pelajaran positif bagi kami, mengingat kami belum memiliki ijazah semoga dengan program yang di selenggarakan oleh pemerintah kota bitung yang lebih khususnya dinas pendidikan dan kebudayaan untuk bisa membawa kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik,” ujar Fenny. ( Sulutgo -01 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *