Pembangunan SDN 01 Mangkio Baru, Mangkrak ?

Luwuk (Sulteng), BINPERS.COM – Diduga akibat perencanaan pembangunan yang kurang matang berbuntut pada nasib belajar murid di SDN 01 Mangkio Baru Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai terganggu.

Dari pantauan awak media ini saat bertandang ke Sekolah Dasar Negeri 01 Mangkio (25-08-2017) nampak bangunan sudah usang seperti dimakan usia. Fisik bangunan sudah beratapkan langit dan nampak susunan bata baru dan sejumlah balok berserakan di tiga ruang kelas yang sudah tidak digunakan sama sekali. Saat ini para murit menempati ruang belajar dari kelas yang dibagi dua bilik.

Saat ditanyakan hal ini, pihak sumber yang meminta tidak disebutkan namanya menuturkan, “bangunan sekolah ini awalnya masih bisa digunakan namun pada tahun 2015 dibongkar dengan maksud rehabilitas bangunan, saat pekerjaan sedang berjalan tiba-tiba terhenti dan hingga kini tidak ada tindak lanjutnya”.

Masih dari sumber bahwa ia (sumber-red) tidak bisa menjelaskan lebih jauh karena saat itu dijabat oleh orang lain. Pihak BP3 pun tidak ditemukan untuk mengkonfirmasi masalah ini.

Pihak dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Banggai saat ditemui untuk minta konfirmasinya (11-09-2017) tidak berada ditempat. Oleh staff disampaikan bahwa pak Kadis sedang sakit sehingga tidak bisa masuk kantor hari ini.

“Pak Kadis tidak masuk kantor hari ini, dia sedang sakit”, imbuh staff piket yang berada diluar ruang kerja Kadis Dikpora.

Sampai berita ini diturunkan, kondisi sekolah masih dalam keadaan rusak dan belum diketahui pasti apa penyebabnya sehingga pembangunannya terhenti sampai sekarang dan bangunan ini adalah salah satu bangunan dari beberapa unit bangunan SD yang bernasib serupa di Kabupaten Banggai. (Vetre WRC/Tim)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

One Thought to “Pembangunan SDN 01 Mangkio Baru, Mangkrak ?”

  1. tambrin kubo

    Pemda cenderung tutup mata dgn masalah ini

Leave a Comment