BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Naah Lho…!! Korupsi Dana Desa, Dua Kepala Desa Masuk Penjara

Kepri (Tanjungpinang), BINPERS.COM – Dua Kepala Desa ini ditahan karena diduga melakukan korupsi dana desa, di Kabupaten Bintan Tanjung pinang Kepri, Kedua Kades tersebut yakni Yusran Munir, Kades Malang Rapat dan Hamdan Kades Penaga.

Kejari Tanjungpinang menahan Kades Malang Rapat, Yusran Munir terlibat kasus dugaan korupsi Dana Desa tahun 2016. Yusran dianggap merugikan negara hingga Rp200 juta dari total Dana Desa Rp1,8 miliar yang dicairkan. Untuk Kades Penaga Hamdan ditahan dengan dugaan yang sama korupsi Dana Desa tahun 2016 dengan kerugian sekitar Rp. 300 juta dari total Dana Desa Rp1,8 miliar yang dicairkan.

Beny Siswanto, SH, MH Kasi Pidsus Kejari Tanjungpinang mengatakan modus dua kades tersebut melakukan tindak pidana korupsi dengan melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik belum selesai dikerjakan sudah di SPJ-kan, seolah-olah pekerjaan tersebut sudah selesai 100 %.

“Pekerjaan yang belum selesai itu dibayarkan 100 % dari alokasi Dana Desa dan ADD, selain itu ada kegiatan yang tidak masuk dalam APBDes tapi dilaksanakan dengan menggunakan dana tersebut. Seperti kegiatan sepakbola yang diadakan oleh Kades Malang Rapat,” ungkap Beny Siswanto kepada awak media.

Kedua Kades tersebut dikenakan dengan pasal 2 junto pasal 3 junto pasal 8 junto pasal 9 dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

Setelah selesai menandatangani surat penahanan, kedua Kades tersebut dicek kesehatan oleh petugas medis RSUP Tanjungpinang. Sedangkan pihak keluarga langsung membuat surat permohonan penangguhan penahan.

Dari dua Kades tersebut, hanya Kades Malang Rapat Yusran Munir selalu melambaikan tangan, saat disapa awak media mengambil fotonya saat masuk mobil tahanan. (Hasmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *