Masyarakat Desa Cicalengka Wetan Kompak Bangun TPT Sungai

Bandung, Binpers.com – Puluhan warga Desa Cicalengka Wetan, Keca­matan Cicalengka, Kabupaten Bandung, terlihat kompak membangun Tembok Penahan Tebing (TPT) Sungai yang dibangun sepanjang 168 meter. Tinggi 2,5 meter untuk tahap pertama dan akan dilanjutkan tahap berikutnya hingga ketinggian 12 meter, Kegiatan dilakukan untuk pemerataan pembangunan sarana infrastruktur yang ada di desa.

Kepala Desa Cicalengka Wetan ,Jajang Sutisna mengaku selain tim pelaksana kegiatan desa (TPKD) sengaja sertakan warga masyarakat dalam setiap pembangunan di desa. Sebab, warga Desa Cicalengka wetan masih kental dengan budaya gotong-royong. Kebutuhan akan adanya saluran air tentunya sangat dinanti warga.

Menurut Jajang Sutisna, tanpa adanya TPT, Sungai meluap dan menyebabkan banjir saat hujan dan yang paling urgent adalah tebing yang tingginya 12 meter sepanjang 168 meter pernah longsor, untuk menghindari longsor berikutnya kami utamakan TPT sungai ini kami bangun agar tidak longsor yang lebih parah.

“Saya memanfaatkan sumber daya yang ada di desa. Sifat gotong-royong warga masih melekat. Maka saya arahkan warga untuk membantu program pembangunan desa, seperti sekarang pembangunan TPT,” katanya.

Ia menjelaskan, pembangunan TPT menggunakan bantuan Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2017. Selain pembangunan TPT, pemerintah desa mengerjakan jalan Kampung di 16 RW , pembangunan RTLH 16 unit dan renovasi Kantor Desa dan Gedung Olahraga (GOR).

“Kegiatan gotong-royong membangun wilayah harus terus dipelihara. Selain meningkatkan kekompakan warga tentunya bisa mempererat tali silaturahmi,” pungkasnya. (Gunarto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *