Ada Apa Dengan Dana BOS Kota Bitung ?

Foto: Ilustrasi

Bitung ( Sulutgo ), BINPERS.COM – Pengelola Sekolah Dasar ( SD ) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama ( SLTP ) yang mengandalkan dana BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ) untuk operasional pendidikannya di Bitung, terpaksa harus menalangi dulu biaya operasionalnya. pasalnya, hingga kini dana BOS untuk operasional pendidikan belum dicairkan.

Dana BOS ini seharusnya sudah cair, tapi entah kenapa sampai sekarang dana tersebut masih belum juga bisa dicairkam, ternyata kelalaian ini disebabkan oleh keterlambatan belum rampungnya berkas laporan Dana BOS dari beberapa sekolah lainnya, bukan karena kesalahan dari kepala Dinas maupun Kepala Bidang tapi kesalahan dari kepala sekolah yang belum memasukan berkas Dana BOS, “Padahal Kabid Didas telah memberikan kebijakan apabila laporan dana Bos sekolah yang masuk sudah 3/4 laporan BOS dari sekolah, maka bisa dicairkan DANA BOS,” kata salah satu kepala sekolah.

Menurutnya, keterlambatan pencairan dana BOS tersebut sangat mengganggu kegiatan pendidikan di sekolah-sekolah yang selama ini menggantungkan biaya operasional pendidikannya pada Dana BOS. Apalagi dalam menghadapi berbagai kegiatan yang sekarang ini di ikuti oleh setiap sekolah diantaranya memperingati HUT Provinsi, FPSL maupun kegiatan lainnya.

Terkait keterlambatan dana BOS belum Cair, BENI BOLANG, S.Pd sebagai kepala bidang Dikdas menyampaikan, “Kami dari dinas sudah berupaya semaksimal mungkin, dalam rapat K3S selalu disampaikan agar segera membuat Surat Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ), harus benar-benar lengkap dan sekaligus dilengkapi dengan penerima PIP,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, sampai dengan saat ini belum ada sebagian sekolah yang memasukan data laporan BOS tersebut, padahal dana BOS sudah ada.

“Namun kami harus menunggu data yang lengkap mengenai laporan pertanggung jawabanya dari seluruh sekolah SD maupun SMP, keterlambatan ini dapat berdampak pada kegiatan belajar mengajar di sekolah itu sendiri apabila belum di masukannya Laporan Dana BOS tersebut,” tutup Bolang. ( tim )

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment