Pemkab Polman Alokasikan Dana Pilkada 2018 Mencapai Rp 27,4 M

Foto: ilustrasi

POLMAN (SULBAR), BINPERS.COM – Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) provinsi Sulbar telah mengalokasikan dana kegiatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 kepada penyelenggara Pilkada sebesar Rp 27,4 miliar yang bersumber dari APBD. Jumlah tersebut tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang telah ditandatangani oleh Bupati Polewali Mandar, H.Andi Ibrahim Masdar dengan Ketua KPUD Polewali Mandar, M.Danial, Senin tanggal 31 Juli 2017 lalu. Dalam NPHD tercantum bahwa Pemkab Polman mengucurkan alokasi dana untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati sebanyak dua tahap yang bersumber dari APBD tahun 2017 dan 2018.

Ketua KPUD Polewali Mandar, M.Danial kepada sejumlah Pers mengatakan, penandatanganan NPHD dilakukan itu setelah pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan KPUD Polman. Namun sebelumnya, pihak KPUD Polman mengusulkan anggaran Pilkada Bupati dan Wakil Bupati sebesar Rp 32,4 miliar kemudian dilakukan rasionalisasi menjadi Rp 28,9 miliar. Hanya saja, anggarana dipatok pada rasionalisasi dinilai masih besar sehingga kembali dilakukan rasionalisasi dan akhirnya disepakati dan ditetapkan menjadi Rp 27,4 miliar sesuai tercantum dalam naskah NPHD tersebut, kata Danial.

Menurut M.Danial, besarnya anggaran untuk pilkada itu berdasarkan UU dan KPUD sendiri sebagai penyelenggara berkewajiban menyediakan beberaoa jenis kebutuhan berkaitan dengan peserta pilkada. Misalnya, alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye, iklan di media cetak dan elektronik termasuk debat publi bagi paslon. Selain itu, tambah Dnial, pembayaran hnor penyelenggara ADHOC ( PPK PPS dan Sekretariatnya) termasuk petugas PPS masing-masing tujuh orang pada 795 TPS yang tersebar pada 167 desa dan kelurahan di 16 kecamatan dalam Kabupaten Polewali Mandar.

Danial merinci, jumlah petugas KPPS sebanyak 5.565 orang. Artinya, sebanyak tujuh orang setiap TPS, bahkan setiap TPS ditempatkan dua orang petugas penertiban sementara untuk pemutakhiran data pemilih, KPU Polman merekrut petugas pemutakhiran databpeilih (PPDP) satu orang setiap TPS yang bekerja selama satu bulan, demikian mantan Kabag Humas pemkab Polewali Mandar. (Andira Mordani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *