Pembangunan Dan Reklamasi Disorot Oleh Faksi Sulawesi Utara

Ketua Presidium Faksi Sulut Isnaini Masloman Amata SPd.ST

BITUNG ( sulut )- BN,Reklamasi adalah proses pembuatan daratan baru dari dasar laut atau dasar sungai.Tanah yang di reklamasi disebut tanah reklamasi atau landfiill.
Menurut UUD,definisi reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang dalam rangka meningkatkan manfaat sumber daya lahan ditinjau dari sudut lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurugan,pengeringan lahan atau drainase.

Reklamasi dapat juga di definisikan sebagai aktifitas penimbunan suatu areal dalam skala relatif luas hingga sangat luas didaratan maupun di areal peraiaran untuk suatu keperluan rencana tertentu.
Reklamasi daratan umumnya dilakukan dengan tujuan perbaikan dan pemulihan kawasan berair yang rusak atau tak berguna menjadi lebih baik dan bermanfaat,kawasan ini dapat di jadikan lahan pemukiman,obyek wisata dan kawasan niaga.

Pembangunan dan reklamasi yang berada di pelabuhan peti kemas dengan anggaran begitu fantastik di Sorot oleh FORUM ALIANSI KAJIAN STRATEGIS INDONESIA ( FAKSI ),ketua PRESIDIUM FAKSI SULUT ISNAINI.MASLOMAN,amata.SPd.ST,saat di temui wartawan BN/Binpers.Com mengatakan Faksi akan membentuk TIM INVESTIGASI yang terdiri dari WARTAWAN, LSM, AKTIFIS SULUT dan akan menggandeng mitra kerja KEPOLISIAN,KEJAKSAAN,serta INSTANSI lainnya yang terkait untuk memantau pelaksanaan Reklamasi  pelabuhan bitung yang di lakukan oleh pelaksana proyek BUMN  dan mitra kerjanya pelaksana kontraktor kota bitung.

” Kami mengharapkan ada keterbukaan dan penjelasan tentang teknis pelaksanaan dampak yang di timbulkan dari reklamasi pembangunan pelabuhan bitung dari semua aspek, serta di pertanyakan kontraktor yang menjadi mitra kerja pelaksana proyek BUMN apakah memiliki keahlian di bidang reklamasi,”pungkas masloman mengakhiri wawancaranya dengan wartawan BN/Binpers.com ( sulutgo 01 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *