Tim Satgas Pangan Polda Kepri, Meraih Peringkat ke-6 Terbaik Dari 33 Polda se-Indonesia

Kepri Batam.BINPERS–Tim Satgas Pangan Polda Kepri, berhasil meraih peringkat ke-6 terbaik dari 33 Polda se-Indonesia, dalam rangka langkah pengendalian, ketersediaan dan kestabilitasan harga bahan pokok untuk masyarakat selama jelang Bulan Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah/2017.

Penghargaan diberikan lansung oleh Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman kepada Ketua Tim Satgas Pangan Polda Kepri, Kombes Pol Budi Suryanto yang didampingi Kapolri Jendral Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Syafrudin, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, dan sejumlah pejabat utama Mabes Polri, Rabu (5/7), di Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

Polda Kepri, Irjen Sam Budigusdian, melalui Ketua Satgas Pangan Polda kepri Kombes Pol Budi Suryanto mengatakan keberhasilan yang diraih tersebut tentunya tidak terlepas dari peran yang telah diterimanya sesuai petunjuk pimpinan, dan kekompakan dari tim Satgas dalam menjalankan tugas.

Tim Satgas Pangan Polda Kepri berhasil meraih peringkat ke-6 terbaik dari 33 Polda se Indonesia, atas penghargaan yang diberikan Menteri Pertanian RI, dalam penanganan stabilisasi pasokan dan harga pangan tahun 2017. Dari itu, patut kita banggakan dan ditingkatkan dalam kinerja, agar lebih meningkatkan ketersedian dan kestabilan harga bahan pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Kombes Pol Budi Suryanto, Kamis (6/7) siang di Mapolda Kepri.

Menurut Budi Suryanto yang juga menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Kepri ini, adapun kegiatan yang telah dilakukan tim satgas pangan ialah membentuk tim yang terdiri dari beberapa instansi tingkat Provinsi dalam rangka melakukan pengawasan maupun monitoring atas ketersediaan dan stabilitas bahan pokok di pasaran.

Kami tim Satgas terdiri dari 4 instansi Pemerintah Daerah, yakni Polri, TNI, KPPU dan Dinas Perdagangan. Selama menggelar Operasi Cipta Kondisi Ramdhaniyah, hampir setiap hari tim Satgas turun kelapangan guna memantau ketersediaan bahan pangan, ataupun mengecek kestabilan harga di pasaran,” papar Dirreskrimsus Polda kepri ini.

Kami juga berkoordinasi dengan pihak pengusaha, agar tidak melakukan aksi mafia dalam usaha perdagangan bahan pangan itu, untuk kebutuhan masyarakat, demi meraih keuntungan secara pribadi.

Kalau ada para pelaku usaha bahan pangan yang melakukan penimbunan dan permainan harga, tim satgas tidak segan segan untuk lakukan tindakan penangkapan dan memprosesnya secara hukum yang berlaku.

Kami ini rutin melakukan sidak ke pasar pasar, dengan tambahan membentuk forum media dalam monitoring dan pengawasan bahan pangan. Selain itu kami bersama pihak KPPU Kepri, juga mengadakan pasar murah. Sehingga, warga yang kurang mampu bisa membeli dan mendapatkan bahan pangan itu dengan harga yang lebih murah,” ungkapnya.

Atas anugrah yang diraih tersebut, Ketua Satgas Pangan Dirreskrimsus Polda kepri, mengucapan terima kasih kepada seluruh anggota Polda Kepri ataupun seluruh jajaran yang tergabung dalam Satuan Tugas Pangan Provinsi Kepri ini.

Kami sangat berterimakasih kepada 11 instansi pemerintah daerah yang telah bersinergi dengan baik, dalam pengawasan ketersedian serta kestabilan harga bahan kebutuhan pokok di Provinsi Kepri, yang di mulai sejak awal Ramadhan hingga lebaran usai. Semoga keadaan yang baik ini akan terus berlansung dan berkesinambungan hingga tiada batas waktu,” ujar Kombes Pol Budi Suryanto.Hasmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *