BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Lembaga KPK PAN-RI Deklarasikan Pengurus Wilayah Kab. Jombang

Jombang-BN, Kegeraman masyarakat terhadap korupsi serta penyelewengan asset Negara kian hari semakin memuncak. Kasus tentang korupsi yang semakin marak di beritakan di Media seakan memberikan peringatan bagi kita semua bahwa Negara tercinta ini tinggal menunggu kehancurannya.

Betapa tidak, Keuangan negara yang seharusnya lebih banyak dipergunakan untuk kepentingan rakyat menjadi semakin berkurang. Anggaran keuangan negara melalui APBN, yang dari tahun ke tahun masih sangat terbatas menjadi semakin terbatas kemampuannya saat dana itu banyak dikorupsi.

Dampak yang paling dirasakan langsung oleh rakyat adalah kemampuan negara semakin terbatas dalam hal menyediakan anggaran demi kepentingan rakyat, khususnya yang dirasakan secara langsung. Antara lain, adalah perbaikan infrastruktur, pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan transportasi dan pelayanan masalah kesejahteraan rakyat yang lainnya, seperti penanganan bencana, bantuan bagi keluarga miskin dan anak terlantar, dan lain-lain.

Hal inilah yang menjadi pokok dasar pemikiran Lembaga Koordinasi Pemberantasan Korupsi dan Penyelamat Aset Negara Republik Indonesia (Lembaga KPK PAN-RI) bahwa sudah saatnya masyarakat dilibatkan secara langsung dalam memberantas, mencegah dan mengawasi tindak korupsi serta penyelewengan asset Negara yang sudah jelas telah memberikan bencana besar bagi bangsa ini.

Sebagai wujud kepeduliannya, Lembaga KPK PAN-RI mengapresiasikan masalah itu dengan langsung turun ke wilayah wilayah dan membentuk perwakilannya di seluruh Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah lebih dini tindak tanduk para actor antagonis yang memiliki pemikiran negatif dengan mempersempit kesempatannya untuk melakukan tindakan korupsi karena telah diawasi secara langsung oleh masyarakat yang dikoordinir oleh Lembaga KPK PAN-RI.

Sambutan baik pun langsung diterima oleh masyarakat yang telah muak dengan tingkah para koruptor yang seakan tidak pernah jera dan seakan melecehkan hukum dinegaranya sendiri. Beberapa wilayah di Indonesia pun langsung mengajukan diri sebagai perwakilan Lembaga ini, seperti wilayah Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur yang belum lama ini telah membentuk perwakilannya pada hari Jum’at, 21 Juli 2017.

Dalam acara deklarasi yang dihadiri langsung oleh Ketua Umumnya, Mustami, mereka bertekad untuk ikut berpartisipasi dan berperan aktif secara langsung mendukung Visi Lembaga KPK PAN-RI dalam menjalankan tupoksinya sesuai Misi yang telah diberikan.

Ketua Umum Lembaga KPK PAN-RI, dalam pidato sambutannya saat memberikan mandat kepada Ketua Perwakilan Wilayah Kab. Jombang mengatakan bahwa Mandat ini adalah Amanah yang harus dijalankan, para pengurusnya agar dapat memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan baik serta dapat menjaga kebersamaan dan persatuan demi bangsa ini pada umumnya serta khususnya Lembaga KPK PAN-RI ini.

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Penindakan Lembaga KPK PAN-RI, Arie Chandra, SH memberikan ucapan selamat atas dibentuknya perwakilan di Kab. Jombang. Melalui video conference beliau memberikan pesan secara langsung kepada Ketua wilayah terpilih bahwa teladan dan pelaku pimpinan dan atasan lebih efektif dalam memasyarakatkan pandangan, penilaian dan kebijakan. Apa yang dilakukan pemimpin, maka hal itu pula yang dilakukan oleh yang dipimpin. Yang dipimpin selalu meniru hal-hal yang dilakukan pemimpinnya. Seorang pemimpin haruslah orang yang mempunyai komitmen mencegah diri dari korupsi secara internal, dan menunjukkan sikap anti terhadap korupsi, serta melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya korupsi di dalam masyarakat. Jika pemimpin sudah menunjukkan keteladanan seperti itu, maka lambat laun korupsi yang kini merajalela itu dapat dicegah secara berangsur-angsur.

Acara yang dihadiri oleh personel pusat serta beberapa utusan para perwakilan di wilayah lain tersebut ditutup dengan membuat planning program serta berfoto bersama dengan para pengurus. (Iyan Sofyan)

3 thoughts on “Lembaga KPK PAN-RI Deklarasikan Pengurus Wilayah Kab. Jombang

  1. Memang sudah sepatutnya jika media juga ikut mengawasi dalam hal korupsi yang kini marak beritanya mas media baik elektronik maupun cetak dan pada mensos online perlu di acomodir mengingat media adalah merupakan pilar ke empat dari di kelembagaan Negara yang seharusnya selalu memberikan masukan pada pemerinta sebagai sosial kontrol dan atau sebaga chek and balansink demi terwujudnya kedisiplina Nasional di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan kepada Panca Sila dan Undang Undang Dasar 1945. Sesuai dengan pembukaan UUD’45 atau Preambule hawa Pancasila Sila adalah merupakan landasan Ide an bagi Bangsa dan Negara Republik Indonesia.. Demikian saudaraku sa dan setanah air selamat atas dan sukses atas deklarasi LEMBAGA KPK PAN RI DI KANUPATEN JOMBANG

  2. Sbg contoh buat TIM saber pungli di wilayah lain yg belum ada struktur..agar secepatnya di deklarasikan..

  3. Selamat kpd bpk suyanto terpilih kembali tuk memimpin lembaga KPK PANRI
    Tuk wilayah jombang
    Semoga lembaga KPK PANRI yg di pimpin bpk suyanto bisa membaga citra nama baik kembali. Khususnya wilayah jawa timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *