Banjir Di Parigi Moutong, 30 Rumah Terendam Di Desa Gio Barat

PARIGI – BN, Sekitar empat desa di dua Kecamatan di wilayah utara Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah, yakni Desa Gio Barat, Kecamatan Moutong dan Desa Paria, Tompo serta Desa Sibatang, Kecamatan Taopa, terendam banjir akibat luapan sungai Taopa, Jumat malam (14/7).

Candra Setiawan, Warga Desa Taopa menuturkan, titik terparah terjadi di jalan trans Desa Gio Barat, Kecamatan Moutong. Saat ini ketinggian air menacapai 1 meter dan merendam sudah merendam sekitar 30 rumah.

“Sedangkan Desa Paria, Tompo dan Desa Sibatang, imbas dari banjir kiriman dari Desa Gio Barat,” ujar Candra, yang mengaku sedang berada di lokasi banjir.

Menurutnya, ke empat desa itu, terutama Desa Gio Barat menjadi langganan banjir setiap kali terjadi hujan, apalagi dengan intensitas tinggi. Sebab, akan disertai luapan sungai Taopa.

“Banjir seperti ini sudah menjadi langganan setiap kali musim hujan,” tuturnya.

Dia mengatakan, luapan banjir ini sangat mengganggu kenyamanan warga dan arus lalulintas.

“Sangat mengganggu. Untuk arus lalulintas kendaraan dari arah timur dan barat semua terhenti,” urainya.

Belum diketahui berapa kerugian materil akibat dari banjir tersebut. Saat ini warga setempat berusaha bahu-membahu membersihkan sejumlah rumah warga yang terendam banjir. (Litbang Sulawesi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *