BINPERS

Berita Investigasi Nasional

SMK Negeri 1 Bambalamotu Optimis ‘Lahirkan’ Alumni Berkualitas

Kepala Sekolah SMKN 1 Bambalamotu, Parenrengi, S.Pd, M.Pd

Pak. Pareng, “mengasah SDM siswa agar berkualitas”

Pasangkayu (SULBAR), BINPERS.COM –
Kinerja guru merupakan cerminan yang sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Olehnya, peningkatan kualitas pendidikan dan profesionalisme guru menjadi sangat penting, artinya peningkatan mutu guru semakin terbuka, sejak peningkatan kesejahteraan Guru meningkat.

Menjabat sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 Bambalamotu selama kurang lebih 6 (enam) tahun sejak berdirinya tahun 2011, Parenrengi, S.Pd, M.Pd telah membuktikan kepada dunia pendidikan kalau dirinya pantas menjadi nakhoda di SMK ini, sebab star dari 0 (Nol) dia (kepsek-red) berhasil membangun sekolah ini menjadi salah satu sekolah unggulan, walau kala itu menggunakan 80 persen tenaga honorer namun beliau tetap optimis bahwa sekolah yang dirintisnya ini akan besar kelak, dengan niat tulus dan dibarengi kegigihannya sehingga apa yang diharapkan kini nampak hasilnya.

Perlu kita ketahui bersama adanya SMK ini berdiri atas inisiatif dan gagasan Parenrengi,S.Pd., M.Pd, dan sebagian besar tenaga pendidiknya adalah honorer karena saat itu masih banyak pengangguran sehingga beliau memberdayakan sarjana-sarjana yang nganggur untuk diangkat sebagai tenaga pendidik.

Parenrengi,S.Pd,M.pd, adalah perintis juga pemerkarsa berdirinya SMKN di Bambalamotu, pada tahun 2011, nanti di tahun 2013 Pemda baru mengeluarkan SK pendiriannya, artinya bahwa selama 2 (dua) tahun beliau bekerja tanpa SK pendirian (belum terdaftar_red).

Menurut Parenrengi kepada binpers.com saat bertandang di sekolah SMK Negeri 1Bambalamotu, mengatakan bahwa SMK Negeri 1 Bambalamotu dulunya bernama SMK Negeri 7 Mamuju Utara namun kini berubah nama menjadi SMK Negeri 1 Bambalamotu sesuai nomenklatur thn 2015.

“Sekolah ini pak, awalnya sesuai dengan SK pendiriannya, adalah SMK Negeri 7 Mamuju Utara, namun ada perubahan nomenklatur tahun 2015, sehingga berubah nama SMK Negeri 1 Bambalamotu,” imbuhnya

Ditambahkannya pula bahwa, “sejak sekolah ini (SMKN-red) berdiri, sejak itu pula saya di beri kepercayaan Pemerintah dan masyarakat sebagai Kepala sekolah disini,” akunya.

Bapak yang segudang prestasi ini (Parenrengi,S.Pd, M.Pd,-red) mampu membuktikan ketajamannya sebagai seorang pemimpin yang tegas, arif, bijaksana dan disiplin, menjadikan SMK Negeri 1 Bambalamotu, meningkat dan siap bersaing dengan sekolah yang lain di wilayah Mamuju Utara, dan Sulbar umumnya, mulai dari pengembangan ujian berbasis computer para siswa, praktek kerja dan kegiatan-kegiatan siswa di kejuruannya.

Prestasi siswa SMK Negeri 1 Bambalamotu yang dipimpin Parenrengi,S.Pd,M.Pd, sangat terlihat jelas perubahannya, mulai dari perbaikan gedung sekolah, sarana olahraga, pagar pengaman sekolah dan masih banyak lagi lainnya, bantuan terus mengalir dari daerah/ provinsi maupun pusat guna kebutuhan pendidik maupun peserta didik.

Setelah ditemui wartawan media binpers.com disela-sela kesibukannya, Jumat (12/05/17) Pak.Pareng (panggilan akrabnya), mengatakan “ tak hanya pembangunan fisik gedung sekolah saja, tapi membangun sumber daya manusia juga butuh diperhatikan dan wajib dikembangkan” ucapnya

Pareng, mengharapkan dengan adanya pengembangan infrastruktur sekolah, tentunya dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dari SMKN 1 Bambalamotu, karena tugas seorang guru bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan tetapi mampu juga memberdayakan potensi peserta didik, tandasnya.

Pada waktu yang sama di tempat berbeda salah satu guru juga menambahkan, “salut kepada kepemimpinan kepala sekolah yang mampu menjadikan SMKN 1 Bambalamotu bersaing dalam berbagai kegiatan kejuruan”.

Lanjutnya “kepala sekolah adalah seorang yang disiplin dalam segala hal, mulai dari kerapian peserta didik, disiplin waktu maupun disiplin dalam segala aspek kegiatan yang ada disekolah ini”, ujarnya mengakhiri wawancara.** (Ndr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *