Anggota BUMDES Unit Simpan Pinjam Desa Nagrog Melaksanakan RUPS

Bandung-BN, Para Anggota Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Nagrog kecamatan Cicalengka,Kabupaten Bandung Unit Simpan Pinjam Syariah (USPS) Sumber Sejahtera mengikuti Rapat Pemegang Saham (RUPS), di gedung serbaguna Desa Nagrog, Kamis (12/1/201).

Bumdes ini terbilang berhasil.  Pasalnya, hingga awal tahun 2017 sudah menggelar RUPS yang ke enam kalinya. Ada peningkatan asset yang dikelolanya. Pada RUPS yang ke enam kalinya ini periode Januari-Desember 2016 tercatat Aset Bumdes bernilai Rp 1.5 Milyar lebih.

Pada RUPS tahun sebelumnya, aset yang dikelola bumdes hanya Rp1,2 Milyar, sedangkan pada periode tahun 2016 ada peningkatan aset dan pertumbuhan sektor ekonomi.

Turniawan Suhandi manager Bumdes Desa Nagrog mengatakan, Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan kepada anggota sebesar Rp 111.409.500.

Gun Gun Suganda
Gun Gun Suganda

“Dari SHU tersebut, Bumdes Desa Nagrog sudah dapat memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp. 23.953.953,” katanya.

Anggota Unit Simpan Pinjam Syariah (USPS) Bumdes Nagrog terdata sehanyak 3.000 anggota dengan anggota aktif sebanyak 1.500 anggota yang tersebar di beberapa Desa di kecamatan Cicalengka, namun sebagian besar  sekitar 80 persen warga Desa Nagrog.

Keberhasilan BUMDES ini merupakan dukungan dari berbagai pihak diantaranya Lembaga yang berada di Desa Nagrog dan para nasabah, dan unsur lain yang sama sama mendukung keberhasilan BUMDES tersebut.

Kepala Desa Nagrog Gun Gun Suganda,S.Pd.I mengucapkan terimakasih banyak kepada para pihak yang sudah mendukungnya. “ Keberhasilan ini atas kerjasama semua pihak dan kami dari Pemerintah Desa Nagrog akan menjaga amanah ini dan rencananya akan menambah modal BUMDES dari Dana Desa anggaran tahun 2017,” ungkapnya kepada wartawan media BN/binpers.com.

Gun gun berharap, untuk kedepannya Bumdes ini dapat setara dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Ini perlu diikuti oleh Desa Desa lain guna mendongkrak ekonomi masyarakat dan sekaligus untuk menghindari dari para rentenir, Bumdes ini perlu perhatian dari pemerintah untuk meningkatkan usaha Bumdes dengan serba usaha,dengan penyertaan modal dari pemerintah/BUMN.(Gunarto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *