Longsor di Bukit Batu Lotong, Lumpuhkan Jalan Nasional

img_20161009_215603MAJENE-BN, Longsor kembali terjadi Jam 17.15 Wita Minggu ( 9/10/2016) di Jalan Negara antara Sulawesi Barat–Sulawesi Tengah tepatnya di Bukit Batu Lotong Kec. Malunda Kab. Majene antara Kab. Majene Menuju Propinsi Mamuju . Kali ini longsor terjadi di jalan nasional Sulawesi Barat–Sulawesi Tengah tepatnya di KM 70. Longsor tersebut dengan menutup jalan raya sepanjang 30 m dengan ketinggian 3 m.

“Lokasi longsor memang merupakan titik yang paling rawan longsor di Km 70 ,” ujar Kassat Shabara Majene AKP Hasan kepada wartawan binpers.com, Minggu (9/10/2016).

Longsor terjadi karena intensitas hujan deras yang diiringi angin kencang. Kondisi geografis lokasi yang dikelilingi pegunungan dan tanah menjadikan daerah ini memang sangat rentan terjadi tanah longsor.

Longsor yang terjadi sebanyak dua kali pada jam 17:15 PM malam ini juga langsung direspon cepat oleh KODIM Diwakili Kasdim Mayor Arm Safarudin berserta semua personil Kodim 1401 Majene dan Danramil  Malonda beserta Kapolres Majene diwakili Kassat Shabara Majene AKP Hasan berserta Personil Polres Majene.

Timbunan longsor dipindahkan dengan alat seadanya. Hari ini juga. Di malam hari, alat berat milik Pemda Kabptn  Majene dikerahkan untuk penanganan Longsor di Majene.

Cuma 1 alat berat yg dikerahkan dari Pemda Kabptn Majene Sebuah buldozer melakukan pembersihan material tanah dan batu yang menutupi jalan. Tim satgas juga membersihkan tanah lumpur pekat yang menjadikan jalan licin dan berbahaya bagi pengguna jalan.

Satgas bencana dipimpin Kasdim KODIM 1401 Majene Mayor Arm Safarudin dan 35 personel berserta juga Kassat Shabara POLRES Majene AKP Rudi Purwanto dan 25 personel serta dibantu Koramil Malunda tapi BPBD Kabupaten Majene agak lambat datangnya dan dibantu masyarakat sekitar turun tangan membantu agar jalan segera bisa dilalui dengan aman.

“Awalnya bisa dilewati meski masih buka tutup. Sekarang sudah bisa dilewati dengan aman, namun bagi para pengendara harus tetap waspada dan lebih berhati-hati,” kata AKP Hasan

Sejak tadi malam hingga sekarang, petugas masih disiagakan di lokasi untuk membantu kelancaran arus lalu lintas Dan disayangkan sekali sampai sekarang jam 21:43 SATKER dan PPK Jalan Negara dan serta Pemprov Mamuju dan Kankanwil Dinas PU dari Propinsi Sulawesi Barat belum ada alat berat yang dikerahkan Pemda Propinsi Sulawesi Barat .(Tim Sulawesi/BN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *