Danrem 142/ Tatag Ikut Tanam Padi Di Polman

Danrem 142/ Tatag Ikut Tanam Padi Di Polman
Danrem 142/ Tatag Ikut Tanam Padi Di Polman

POLMAN, SULBAR (BN), Komandan Korem 142 Taro Ada Tarugau (Tatag) Parepare provinsi Sulsel, Kolonel Inf. Tandyo Budi R bersama Wakil Bupati Plewali Mandar, Drs. HM.Natsir Rahmat, MM, Dandim 1402 Polmas, Letkol Kav. I Made Bagus Suraputra dan Kapolres Polewali Mandar, AKBP Adiwijaya, Ketua Persit KCK Koorcabrem 142/ Tatag serta Persit Kodim 1402 Polmas maupun Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Polewali Mandar, Ir. H.Basir Halim, MMA didampingi Danramil, Babinsa, PPL dan petani melakukan penanam bibit padi dengan system jajar legowo di lokasi miliki kelompok Tani Berlajut 1 desa Batu Panga kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar provinsi Sulbar belum lama ini.

Komandan Korem 142 /Tatag Parepare, Kolonel Inf. Tandyo Bagus R usai menanam padi kepada wartawan mengatakan, seperti diketahui, Panglima Tertinggi Presiden RI, Ir. Joko Widodo dan Panglima TNI telah mencanangkan swasembada pangan khususnya padi, jagung dan kedelai sejak Febreuari 2015 lalu di Pangkalan Bun dengan tujuan guna mendukung ketahanan pangan berkelanjutan dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional tahun 2017 sehingga TNI dilibatkan melakukan pendampingan kepada petani.

Menurut Danrem Tandyo Budi R, pemerintah sudah maksimal dan peduli dengan petani dengan menfasilitasi kebutuhan petani berupa bantuan alat mesin pertanian, pupuk dan obat-obatan sebagai pengendali hama hingga bantuan anggaran percetakan sawah sehingga apa yang diharapkan pemerintah dalam mensukseska program swasembada pangan nasional di tahun 2017 mendatang dapat diwujudkan secara optimal.

Lebih jauh Danrem Tandyo Budi R mengatakan, melalui kegiatan tanam serempak dlahancetak sawah ini, dapat menjadi sebuah momentum sebagai salah satu upaya untukmensukseskan program swasembada pangan nasional utamanya memberikan solusi mengenai berbagai kedala dan hambatan dilapangan berkaitan dengan ketahanan pangan yang sedang kita lakukan sekarang. “ Walaupun berbagai hambatan dan kedala dihadapi dilapangan tetapi berkat kerjasam antara Dinas Pertanian bersama jajarannya dengan Kodim 1402 Polmas bersama jajarannya sehingga mampu menyeselaikan penanaman dengan pola jajar legowo mencapai 839 hektare dari target 900 hektare di Kabupaten Polewali Mandar”, kata Danrem Tandyo Budi R.

Disela-sela kegiatan tanam padi pola jejer legowo itu, Dandim 1402 Polewali dan Mamasa (Polmas), Letkol Kav. I Made bagus Suraputra kepada wartawan mengatakan, salah satu strategi nasional untuk meningkatkan produksi pertanian dengan perlusan areal lahan cetak sawah baru dan merupakan kebijakan dilakukan oleh Kementerian pertanian dengan Panglima TNI dalam rangka meningkatkan kualitas sekaligus menjawab kebutuhan akan beras seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk di negeri ini.

( Andira Mordani/ BN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *