Sat Lantas Polres Palu Kembali Lakukan Razia

raziaPalu, BN – Pada Rabu 14 September 2016, Kepolisian Resor Palu melalui Satuan lalu lintas Polres Palu melaksanakan razia untuk pengendara kendaraan bermotor. Razia tersebut dilaksanakan di Jalan Moh. Hatta Kota Palu. Razia tersebut dipimpin oleh Kanin Residen Sat Lantas Polres Palu Iptu Suprojo.

Dari razia yang dilaksanakan tersebut diperoleh hasil sebanyak 31 pelanggar, dimana pelanggaran yang tidak membawa STNK pasal 288 (1) sebanyak 8 pelanggar, sedangkan untuk pelanggaran yang tidak membawa SIM pasal 281 (1) jo 77 sebanyak 20 pelanggar, pelanggar pasal 285 (1) komponen pendukung sebanyak 2 pelanggar, dan terdapat 1 pelanggar yang tidak menggunakan helm saat berboncengan dikenakan pasal 291 (1).

Para pelanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku yakni : 1. Pasal 288 bagi pengendara yang tidak dapat menunjukan STNK atau STCKB, Sanksi Pidana Kurungan Paling Lama 2 (dua) bulan atau denda Paling Banyak Rp. 500.000,- 2. Pasal 281 bagi pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) ,Sanksi Pidana Kurungan Paling Lama 4 (empat) bulan atau denda Paling Banyak Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) 3. Pasal 285 bagi pengendara kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan (kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban)dikenakan Sanksi Pidana Kurungan Paling Lama 1 (satu) bulan atau denda Paling Banyak Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) 4. Pasal 291 tidak menggunakan helm SNI, Sanksi Pidana Kurungan Paling Lama 1 (satu) bulan atau denda Paling Banyak Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah), membiarkan penumpang tidak menggunakan helm dikenakan Sanksi Pidana Kurungan Paling Lama 1 (satu) bulan atau denda Paling Banyak Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah)

“Dengan dilakukannya kegiatan Razia tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat kota Palu untuk selalu membawa kelengkapan surat-surat kendaraan saat akan berkendara begitu juga dengan kelengkapan kendaraannya agar dapat memperhatikan semua kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, lampu pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban. semua itu harus diperhatikan dan dipastikan kelengkapannya,” Ujar Iptu Suprojo Kanit Residen Sat Lantas Polres Palu.

Kecelakaan lalu lintas berawal dari adanya pelanggaran lalu lintas, oleh sebab itu Kepolisian Resor Palu tak bosan-bosan mengharapkan kepada seluruh masyarakat kota Palu untuk bersama-sama mematuhi dan mantaati segala peraturan lalu lintas yang berlaku, hal itu sangat penting dilakukan untuk kebaikan kita semua sehingga apabila hal tersebut telah dilaksanakan akan mampu mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan seperti halnya kecelakaan lalu lintas. Mari kita ciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran saat berlalu lintas, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas. (Maikel Cokro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *