Hankamtibmas, Pertahanan Keamanan Ketertiban Masyarakat dan NKRI

Batam-BINPers, Tiga Pilar (Hankamtibmas) yang terdiri Polisi, TNI dan Pemerintah Daerah di Kecamatan Belakang Padang, berkomitmen meningkatkan sinergisitas (kesepahaman), untuk menciptakan rasa aman dan membangun desa secara bersama-sama.

Hankamtibmas dengan semboyan  “ Siap Melayani Masyarakat, dan Menjaga NKRI di Perbatasan” Gerakan tiga pilar itu dikomandoi Kapolsek, Danramil, serta Camat Belakangpadang serta melibatkan juga Lurah, RT/RW, LPM, FKPPI dan tokoh masyarakat.

apel hankamtipmas 3 pilar di belakangpadang kota   Batam1
Apel hankamtipmas 3 pilar Belakangpadang kota Batam

Kapolsek Belakangpadang, AKP Adi Sumardi, mengatakan, Hankamtibmas itu adalah pilar yang tidak boleh terpisahkan dalam melayani masyarakat dan menjaga keutuhan bangsa, demi terwujudnya kebersamaan, kesejahteraan, dan kepedulian sosial di masyarakat.

“Hankamtibmas harus kuat, sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, dan kokoh menjaga NKRI di perbatasan,” ungkap AKP Adi Sumardi, Kamis (1/9/2016).

Hankamtibmas yang kuat, semua permasalahan  di masyarakat tentu bisa teratasi dan diantisipasi dengan baik, sehingga tidak menimbulkan gejolak, tindak pidana, ataupun prilaku kriminal yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri.

“Hankamtibmas ini juga sebagai fungsi pelayanan masyarakat terdepan yang harus mampu menguasai wilayah, dengan mengenal orang per orang, dalam menjalankan tugas yang diemban,” terangnya.

AKP Adi Sumardi Hankamtibmas ini, dapat mendeteksi dan mengetahui satu hal yang akan terjadi dilingkungan warga dengan cepat dan menginformasikan kepada pimpinan.

“Pada intinya itu, kita akan terus berkoordinasi secara terpadu dengan baik dalam menjaga Hankamtibmas di Kecamatan Belakangpadang, dengan komitmen yang kuat, demi kebersamaan serta kekompakan di masyarakat,” terangnya.

Danramil Belakangpadang, Kapten Sitinjak menambahkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan yang kondusif, pihaknya selalu siap menggelar komunikasi sosial (Komsos), dalam upaya peningkatan pengamanan daerah dan peningkatan taraf perekonomian daerah.

“Dalam Forum silaturahmi ini kita berharap serta Hankamtibmas dapat menjadi sarana untuk memperkuat hubungan emosional antara para aparat pemerintah dengan semua lapisan masyarakat. Sehingga, akan terjadi satu sinergisitas yang baik serta saling menguntungan dalam membangun desa,” jelas Kapten Sitinjak.

Komsos Hankamtipmas ini, terang Danramil, merupakan satu sarana yang efektif guna memelihara, dan meningkatkan kebersamaan, agar dapat membangun komunikasi dialogis diantara sesama kita.

“Maksud dan tujuan kita, agar kita semua dapat melakukan penyamaan persepsi, serta sebagai sarana penyampaian visi dan misi Hankamtipmas.  Sehingga, akan peroleh kesamaan pandangan, solusi dalam memahami permasalahan yang terjadi dilapangan,” terang Danramil Belakangpadang ini.

Camat Belakangpadang, Drs Nasrum, mengatakan, sangat senang dapat berbaur atas keterpaduan Hankamtipmas itu. Sehingga, bisa aparat lebih dekat lagi dalam membahas setiap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah warga dan masyarakat desa.

Apalagi yang mau dibahas itu untuk kemajuan, kekondusifan, kenyaman dan keamanan masyarakat, dan wilayah Kecamatan Belakangpadang, yang kita banggakan ini. Kita berharap agar peran dari Hankamtipmas, serta kegiatan komsos ini, bisa terjalin terus menerus,terangnya. (Hasmi)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment