199 Desa akan Gelar Pilkades Serentak Tahap I

Banggai-BN, Rencana pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap I Kabupaten Banggai akan dilaksanakan bulan November tahun 2016 mendatang. Berdasarkan aturan baru atau Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2016, calon kades minimal dua orang dan maksimal lima orang.

Dalam aturan tersebut berbunyi, pencalonan Kades minimal 2 orang calon dan maksimal 5 orang. Jika lebih akan dilakukan test, antaranya pengalaman bekerja kelembagaan pemerintah, tingkat pendidikan, usia dan tes tertulis. Jika calon tunggal muncul dan dalam waktu yang ditentukan belum ada calon lain maka diundur atau diperpanjangan 20 hari.

“Setelah itu, kalau tak ada calon lagi, maka bupati akan menunjuk Pjs (pejabat sementara) sampai Pilkades serentak selanjutnya,” terang Mujiono, Kabag Hukum saat berada di Ruangan Kerja, Senin ,(22/08/2016)

Dalam paparannya, Mujiono menjelaskan, untuk syarat calon kades usia diatas 25 tahun, minimal berpendidikan SMP atau yang sederajat dan harus mengikutkan ijazah SD atau juga Ijazah Paket C harus menyertakan juga Ijazah paket B dan A juga. Calon kades juga tidak pernah menjabat sebagai kades selama tiga kali masa jabatan, baik berturut-turut atau tidak.

“Aturan baru, dua kali jabatan masih dapat maju lagi sebagai kades, karena batasannya tiga kali masa jabatan, baik berturut-turut atau tidak,” terang Mujiono lagi.

Pemkab Banggai sendiri rencananya akan membentuk panitia pilkades pada bulan September 2016 mendatang.

“Ada 199 Desa yang turut dalam Pilkades tahap I se Kabupaten Banggai. Sementara untuk penentuan hari pemungutan suara pilkades belum ada ketentuan,” ujar Mujiono

Sementara itu, dari 299 ke 199 desa yang akan menggelar pilkades, seperti biasa akan di bagi 2 jadwal, yakni secara keseluruhan. (ags)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment