Pengurus Pemuda Pancasila Kabupaten Pati Dilantik Bupati

Untitled-2Pati-BN, Alunan gending Monggang Pl Barang menengarahi Kehadiran Bupati Pati Haryanto SH, MM, MSi, didampingi Ketua DPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Tengah Edy Rumpoko, Dandim 0718/Pati, Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma, S.Sos, Wakapolres Pati Kompol Nyamin memasuki pendopo Kabupaten Pati tempat berlangsungnya pelantikan pengurus Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Pati, Jum’at (5/8/2016).

Upacara Pelantikan MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pati dibuka oleh MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Tengah Edy Rumpoko ditandai dengan mengetuk Palu, kemudian mengalun gendhing Sampak sampai selesai dan disusul Lagu Indonesia Raya.

Usai mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Bupati Pati Haryanto, pembacaan ikrar pemuda pancasila dilanjudkan paduan suara menyanyikan mars Pemuda Pancasila dan hymne putra putri Indonesia.

Ketua panitia Mohammad Jaenuri M.Pd dalam Laporannya mengatakan bahwa upacara pelantikan pengurus Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Pati dihadiri 506 Peserta diantaranya Pengurus MPC Pati 87 orang, Pengurus MPO 23 orang, Pengurus PAC Kecamatan sekabupaten Pati 315, Pengurus Srikandi Kabupaten Pati 26 orang,  Dewan Penasehat Srikandi Pati 13 orang, Penasehat PAC Kecamatan 42 orang , Pengurus MPW Provinsi Jateng 5 orang sadar sepenuhnya terhadap panggilan sejarah dan tanggungjawab sebagai generasi penerus perjuangan cita-cita bangsa, sebagai warga Negara republic Indonesia yang setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, mempersatukan diri dalam organisasi kemasyarakatan  bernama Pemuda Pancasila.

“ Pada hari ini Pengurus Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Pati masa bhakti  2015 – 2019 dilantik  diawali dengan pembacaan Surat Keputusan dari DPW Pemuda Pancasila Jawa Tengah, Edy Rumpoko  Ketua MPW Pemuda Pancasila Jateng melantik  pengurus DPW Cabang Kabupaten Pati dilanjudkan penyerahan Pataka Pemuda Pancasila  dan  penciuman bendera merah putih oleh semua pengurus yang sudah dilantik,“ ujarnya.

Dalam sambutannya Bupati Pati Haryanto mengatakan bahwa Pemuda Pancasila bukan personalnya tetapi semangatnya, Organisasi Pemuda Pancasila ini semangatnya harus semangat pemuda. Sehingga kalau mengucapkan pancasila sakti  yang ngawal adalah  kita semua, kita yang mengamankan dan mengamalkan pancasila sebagai falsafah hidup bangsa dan ideology  Negara.

“Organisasi yang dirintis oleh Achmadi S.Pd,MM selaku Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pati mudah-mudahan bisa mengawal pembangunan di Kabupaten pati. Dengan tergabungnya ormas-ormas ini  hendaknya nanti bisa menjadikan nuansa tersendiri, jangan sampai dilantik tidak ada kegiatan, vakum, banyak agenda harus sering kordinasi dengan pemerintah, lintas sektoral,” Harap Bupati.

Bupati mengingatkan bahwa Pemuda Pancasila ini seragamnya bercorak doreng, konsekwensinya harus mampu menjadi panutan dan pelopor dalam  membantu program-program pemerintah.

“Sebagai generasi penerus bangsa dengan pengabdian yang ikhlas sebagai pemuda harapan bangsa paling tidak sebagai organisasi pemuda harus mempunyai kepribadian  sebagai panutan dan sebagai pelopor. Jangan hanya menjadi penonton  lihat sana lihat sini kalau tidak baik  dikomentari namun harus berperan aktif bergabung dengan lintas sektoral mesti akan ada program  dan kegiatan sekaligus  sebagai pelaku aktif pembangunan  bangsa yang mampu menjadi pembaharuan merubah masa depan   bangsa”. Harapnya

Dandim 0718/Pati, Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma, S.Sos dalam sambutannya  berpesan semoga pengurus Pemuda Pancasila yang  baru lebih eksis, Pemuda Pancasila dalam struktural merupakan pembinaan dibawah  Angkatan Darat, hal tersebut merupakan kewajiban Kodim 0718 pati untuk mengadakan  pembinaan secara intensif.

“Sebagai anggota Pemuda Pancasila  yang memiliki kemampuan dan jabatan di swasta atau pemerintah ini sebagai potensi bagi kita untuk  pembinaan kedepan niscaya akan terarah.  Dengan isu teroris ,narkoba menjadi hal yang nyata terjadi   kalau kita  bisa berdayakan Pemuda Pancasila secara bertahap kita bisa bersinergi,” paparnya

Dandim Pati Andri Amijaya Kusuma meminta tugas waktu dekat ini  Pemuda Pancasila Pati harus  samakan persepsi atau doktrin bahwa mereka ini bergabung di organisasi sebesar ini tidak untuk gagah-gagahan, namun memberikan kontribusi setidaknya untuk Pati harus kondusif.

“ Sebagai kader Pemuda Pancasila sebagai kader bangsa yang konsisten menjaga kehormatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus bisa memberikan kotribusi untuk Pati,  kalau kita kondusif ekonomi akan berdenyut, kalau ekonomi berdenyut masyarakat akan baik. Itulah jaminan yang harus diciptakan di wilayah Kabupaten Pati adalah keamanan, keamanan bukan  hanya Polri dan TNI, tapi menyeluruh pada seluruh ormas  lorong organisasi ini yang teroganisir. Dan pembinaaan intern untuk melangkah kedepan agar melangkah tepat sasaran”. Pintanya. (Indro BN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *