Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bitung Cukup Optimal

Albert M. Kukus, S.Sos.
Albert M. Kukus, S.Sos.

Bitung (SULUT)-BN, Sekretaris Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Bitung, Albert M. Kukus, S.Sos. menyempatkan waktu bersama tim wartawan media BN/binpers.com disela-sela kesibukannya untuk memberikan penjelasan terkait masalah KTP elektronik yang saat ini sedang ramai dibicarakan, Senin (08/08/16).

Dalam penjelasannya, Albert menyampaikan bahwa dalam pembuatan KTP dan Akte kelahiran tidak ada pungutan biaya sama sekali, melihat kondisi masyarakat kota Bitung yang begitu antusias dalam pembuatan KTP elektronik dan surat-surat catatan sipil lainnya maka Albert menghimbau agar kiranya masyarakat kota Bitung tidak terpengaruh oleh oknum-oknum pegawai Capil yang meminta biaya pungutan liar. Seandainya ada temuan pungutan liar maka sudah ada ketetapan undang-undang Capil nomor 24 tahun 2014 pasal 79A, yang menggandakan dan memalsukan jelas pidananya.

Sementara itu, Frangky Kaeno, selaku kepala seksi notasi menambahkan, untuk pembuatan KTP tidak ada target, tapi dalam sehari pembuatan KTP mencapai 100 lebih. Dan untuk sekarang ini sudah tidak ada lagi KTP nasional, melainkan sudah harus menggunakan KTP elektronik, selanjutnya Frangky menambahkan untuk kendala pembuatan KTP elektronik yaitu kurangnya pegawai dan juga alat, walaupun terdapat kendala kurangnya pegawai dan alat tapi dalam pelayanan pembuatan KTP, pihaknya sudah diusahakan secara maksimal.(Sulut 01/Yan)

2 tanggapan untuk “Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bitung Cukup Optimal

  • 23 Oktober 2017 pada 20:04
    Permalink

    Apakah benar proses pembuatan surat pindah lagi eror? Masa sdh 3 minggu eror terus, harus cek lagi dan cek lagi, bolak balik Kantor Capil

    Balas
  • 26 Februari 2018 pada 10:01
    Permalink

    selamat pagi Om sek,Capil Kota Bitung.
    to the point aja. kartu keluarga saya a.n. Henry Ngahu Wie.hilang dalam perjalanan, bisa nda ya?
    saya bisa tahu No Kependudukannya/ NIK. saya.mohon informasinya.
    Terima kasih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *