Kepala Inspektorat Lampura Akan Tindaklanjuti Pekerjaan ADD Bumi Harja

ilusteasi-dana-add-okLampung-BN, Terkait pemberitaan yang berjudul “Pekerjaan ADD Bumi Harja Di Kerjakan Pihak Ke-3, Dikhawatirkan Akan Terjadi Kongkalingkong” yang dirilis pada edisi 122/6 lalu, pihak desa yang dikonfirmasi yang dalam hal ini Kepala Desanya secara langsung tidak dapat memberikan keterangan secara jelas.

“ Jangan dimuat lagi kalau kita mau baik,” Ujar Kepala Desa.

Hal ini semakin menambah kuat dugaan bahwa ada kejanggalan dan terjadi sesuatu di balik pengerjaan pembuatan jalan dan sumur bor didesa tersebut.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Desa Bumi Raharja, Kecamatan Abung Surakarta, Kabupaten Lampung Utara diduga kuat dalam pengalokasian ADD nya dilaksanakan tidak sesuai prosedur.

Salah satu contohnya adalah pelaksanaan kegiatan fisik yang meliputi pekerjaan pembuatan jalan dan sumur bor desa tersebut di kerjakan oleh pihak ke tiga (dikerjakan pemborong). Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa pekerjaan akan dikerjakan tidak sesuai dengan petunjuk teknik dan petunjuk lapangan (tidak sesuai RAB).

Dan yang lebih dikhawatirkan oleh masyarakat adalah hilangnya transparansi informasi publik sehingga kegiatan kongkalingkong untuk mengeruk keuntungan dalam memperkaya para oknum yang terlibat akan lebih leluasa.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Lampung Utara Man Kodri ketika dikonfirmasi masalah ini, dengan tegas akan menindaklanjuti dan akan memanggil Kepala Desa Bumi Raharja secepatnya.

“Berita ini akan ditindak lanjuti secepatnya, tidak akan saya peti es kan” ungkapnya.

Jika memang terbukti bersalah dan juga jika ternyata hasil pengerjaan proyeknya ternyata hasilnya tidak sesuai dengan RAB maka Kepala Desa Bumi Raharja tersebut dinilai telah menyalahgunakan jabatannya untuk kepentingan pribadi

Sebenarnya banyak hal yang seharusnya dikerjakan oleh tim desa untuk menjaga mutu pekerjaan dan memberdayakan masyarakat, namun hal tersebut tidak berlaku, masalahnya sebelum dana ADD keluar ternyata sudah melakukan kesepakatan kontrak dengan pihak ke-3. Setelah kesepakatan terjadi, pihak ke-3 mulai mengerjakan pekerjaannya. (Hamdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *