BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Kemelut Program Prona Mencuat di Desa Cipicung

pronaGarut-BN, Program Prona sampai saat ini ternyata masih jadi Polemik yang mencuat di Kabupaten Garut, kali ini terjadi di desa Cipicung kecamatan Banyuresmi dimana masyarakatnya masih belum puas atas pelaksanaan program prona anggaran  tahun 2016 yang sampai saat ini pula belum adanya penjelasan  dari pihak BPN Kabupaten Garut selaku pelaksana teknis Prona dan juga kepala desa Cipicung yang terkesan arogana.

Masyarakat  menilai tidak sepantasnya selaku kepala Desa yang seharusnya melayani serta mengayomi namun justru sebaliknya malah membuat konflik  antar warganya. Menurut narasumber yang enggan di sebut namanya serta salah satu tokoh masyarakat desa Cipicung menyampaikan kepada wartawan   Berita Investigasi Nasional saat di temui di tempat kediamannya menyampaikan bahwa Kepala Desa sudah tak memikirkan apa kewajibannya selaku Kepala Desa dan yang seharusnya menyampaikan atas kemelut serta keresahan atas program perona yang di duga tidak transparan sehingga masyarakat mengerti dan memahaminya.

” Namun yang terjadi malah seballiknya, Kades tersebut mengedepankan emosionalnya sehingga masyarakat menilai tak pantas menjadi panutan di masyarakat ,“ungkap salah  satu Tokoh Masyarakat.

Di tempat terpisah, menindaklanjuti masalah tersebut dan karena merasa kesal, masyarakat akhirnya membuat surat pernyataan atas keberatannya dalam pengambilan kebijakan dengan adanya pungutan yang sangat berlebihan antara Rp400 ribu sampai dengan Rp1,500,000.

Hal ini bukan lagi disebut sebagai program Prona melainkan diduga merupakan bisnis para oknum yang merealisasikan hanya 350 Sertifikat sedangkan kuota dari pemerintah sebanyak 700 sertifikat, hal ini sudah barang tentu melanggar aturan pemerintah.

Pada prinsipnya masyarakat Cipicung meminta keseriusan pemerintah terkait agar mengambil sikap penyalahgunaan wewenang para oknum yang dengan unsur sengaja  memanfaatkan program Prona tersebut menjadi lahan bisnis. ( WRC/ Ida Farida )

3 thoughts on “Kemelut Program Prona Mencuat di Desa Cipicung

  1. Masarakat kecil slalu jadi sapi perah bagi para oknum.
    Mereka tdk Ingat bahwa rakyat skrg lebih pintar dan hukum akan berjalan.

  2. dasar aparat desa gak tau diri, sdh kah kalian rasakan tinggal dlam jeruju besi? usut saja sampai tuntas ke tema-teman media2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *